Authors

  • MUHAMMAD ALI NURHUDA bm
  • Muchlis . Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v6n3.p%25p

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ketrelaksanaan model pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Diskriptif kuantitatif adalah jenis penelitian ini. Dilaksanakan di kelas X IPA2 MA Darul Hikmah Sooko Mojokerto sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Keterlaksanaan model pembelajaran rata-rata tiap-tiap fase pertemuan 1 dan 2 yaitu fase 1 sebesar 3,58 dan 3,7; fase 2 sebesar 3,6 dan 3,62; fase 3 sebesar 3,0 dan 3,0; fase 4 sebesar 3,4 dan 3,6; fase 5 sebesar 3,45 dan 3,3; fase 6 sebesar 3,6 dan 3,6 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa menunjukkan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa sudah berlatih keterampilan berpikir kritis. Posttest mendapat nilai 80,95%  siswa tuntas dan nilai rata-rata tiap keterampilan berpikir kritis yaitu interpretasi sebesar 3,17; analisis sebesar 3,41; dan inferensi sebesar 2,59 mengunakan  sekala 4.

Kata Kunci :  Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-09-28
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 100