DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v6n3.p%25pAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ketrelaksanaan model pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Diskriptif kuantitatif adalah jenis penelitian ini. Dilaksanakan di kelas X IPA2 MA Darul Hikmah Sooko Mojokerto sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Keterlaksanaan model pembelajaran rata-rata tiap-tiap fase pertemuan 1 dan 2 yaitu fase 1 sebesar 3,58 dan 3,7; fase 2 sebesar 3,6 dan 3,62; fase 3 sebesar 3,0 dan 3,0; fase 4 sebesar 3,4 dan 3,6; fase 5 sebesar 3,45 dan 3,3; fase 6 sebesar 3,6 dan 3,6 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa menunjukkan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa sudah berlatih keterampilan berpikir kritis. Posttest mendapat nilai 80,95% siswa tuntas dan nilai rata-rata tiap keterampilan berpikir kritis yaitu interpretasi sebesar 3,17; analisis sebesar 3,41; dan inferensi sebesar 2,59 mengunakan sekala 4.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

