PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI

  • DZIKRINA AULIA SYAFAATI ISTIQFAROH
  • HARUN NASRUDDIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran POGIL, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa setelah diterapkannya model pembelajaran POGIL. Desain penelitian menggunakan “One Group Pretest-Posttest Design" dengan jenis penelitiannya yaitu pra-eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan dan tes. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMAN 18 Surabaya sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran POGIL pada fase 1 sebesar 100% (sangat baik), fase 2 99.16% (sangat baik), fase 3 100% (sangat baik), fase 4 100% (sangat baik) dan fase 5 98.61% (sangat baik); (2) aktivitas siswa mendukung keterlaksanaan model pembelajaran POGIL dengan persentase total aktivitas yang relevan pada pertemuan 1 sebesar 97.8%, pertemuan 2 98.35% dan pertemuan 3 98.35%; (3) kemampuan berpikir kritis siswa diakhir pembelajaran menunjukkan sebesar 63% siswa kategori tinggi, 31% siswa kategori sedang dan 6% siswa kategori rendah.

Kata Kunci: Model Pembelajaran POGIL, Keterampilan Berpikir Kritis, Asam Basa
Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 146