PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA NEGERI 4 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v8n2.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif NHT, aktivitas siswa, dan keterampilan metakognitif siswa pada materi laju reaksi. Subyek penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan One group pre-test post-test design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran kooperatif NHT pada 2 pertemuan tiap fasenya memperoleh persentase 91,67%; 75%; 100%; 83,33%; 83,33%; 100%, dan 91,67%; 83,33%; 100%; 83,33%; 100%; 100%, dengan kategori baik dan sangat baik. 2) Aktivitas siswa yang relevan terhadap proses pembelajaran memperoleh persentase pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 masing-masing sebesar 91,88%. Aktivitas siswa paling dominan pada pertemuan 1 dan 2 adalah siswa mengerjakan soal evaluasi secara individu (evaluating skills) dengan persentase 10% dan 10,74%. 3) Keterampilan metakognitif mengalami peningkatan yang baik ditunjukkan dengan sebanyak 26 siswa mendapatkan N-gain dengan kategori tinggi.
Kata kunci: NHT, Keterlaksanaan, Aktivitas, Keterampilan MetakognitifDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

