PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SUB MATERI LARUTAN ASAM BASA UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI NGORO JOMBANG

  • MUHAMAD DWI AINUN ROSYID
  • ISMONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas peserta didik, ketuntasan belajar peserta didik dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi dan respon peserta didik setelah proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub materi larutan asam basa. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Ngoro Jombang. Desain penelitian ini menggunakan “One Grup Pretest Posttest Design”. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing mendapat persentase kualitas keterlaksanaan sebesar 93,25% (≥61) dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung diperoleh persentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi dibandingkan dengan persentase aktivitas peserta didik yang tidak relevan. (3) Hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik diperoleh rata-rata ranah kognitif C4 sebesar 81,1 dengan gain score sebesar 0,7 pada kriteria tinggi, sedangkan untuk rata-rata ranah kognitif C5 diperoleh sebesar 80,4 dengan gain score sebesar 0,6 pada kriteria sedang. Persentase ketuntasan klasikal yang memperoleh nilai melampaui KKM yang ditetapkan SMA Negeri Ngoro Jombang yaitu sebesar 83,9%. (4) Rata-rata respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub materi larutan asam basa memperoleh persentase sebesar 86,13% yang berada pada kriteria sangat baik.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, berpikir tingkat tinggi, larutan asam basa

The research aims to describe the implementation of guided inquiry learning model, students’ activities, mastery of students learning in higher order thinking ability, and students responses after the learning process through the application of guided inquiry learning model on main subject of acid alkaline solution. The study is held in class XI MIPA 4 SMA Negeri Ngoro Jombang. The design of this research is “One Group Pretest Posttest Design”. The result of research are: (1) The implementation of the guided inquiry learning model obtained the implementation quality of 93,25% (≥61) with a very good criteria. (2) The activities of student during the learning process get a greater percentage of relevant students activities than the activities of irrelevant students. (3) The learning outcomes of higher order thinking abilities of students obtained an average C4 cognitive domain of 81,1 with a gain score of 0,7 at high criteria, while for the C5 cognitive domain average was obtained at 80,4 with a gain score of 0,6 in the medium criteria. The percentage of classical completeness that obtained scores exceeded the KKM set by SMA Negeri Ngoro Jombang which was equal to 83,9%. (4) The average response of students to the guided inquiry learning model on main subject of acid alkaline solution by obtaining a percentage of 86,13% which is in very good criteria.

Keywords: Guided inquiry, higher order thinking, acid alkaline solution





Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 24