PENGEMBANGAN SOFTWARE ANTI MISKIM UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI MELALUI STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA

  • CYNDI YANIS SAPUTRI
  • SUKARMIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan software anti miskim dalam mereduksi miskonsepsi siswa melalui strategi conceptual change text pada materi asam basa. Kelayakan software dapat ditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk melalui hasil dari para ahli, kepraktisan software ditinjau dari hasil respon siswa dan didukung dengan observasi aktivitas siswa, serta keefektifan ditinjau dari data pergeseran konsepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) oleh Nieveen and Ploom. Software diujicobakan pada 12 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Krembung yang telah memperoleh materi asam basa. Metode yang digunakan untuk mendeteksi miskonsepsi siswa dengan metode three tier diagnostic test, sedangkan strategi yang digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa adalah strategi conceptual change text. Hasil penelitian menunjukkan software yang dikembangkan valid ditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk masing-masing memperoleh range yang sama yaitu sebesar 80%-93,33% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan software ditinjau dari hasil respon siswa dan didukung dengan observasi aktivitas siswa memperoleh range yang sama yaitu sebesar 83,33%-100% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan software ditinjau dari pergeseran konsepsi siswa memperoleh persentase sebesar 78,98% dengan kategori efektif.

Kata kunci: Software, miskonsepsi, conceptual change text, asam basa

This study aims to determine the feasibility of anti miskim software in reducing students’ misconceptions through the conceptual change text strategy on acid base material.The feasibility of the software is viewed from content validity and conctruct validity through the result of expert, the practicality of software is reviewed from the result of student responses and is supported by observation of students activities, as well ass effectiveness in terms of data shifting students’ conceptions.This research used research and development (R&D) methods by Nieveen and Ploom. Software was tested on 12 students of class XI MIPA SMA Negeri 1 Krembung who had obtained acid base material. The method used to detect students’ misconceptions is a three-tier diagnostic test, and the strategy used to reduce misconceptions is the conceptual change text strategy.The results showed that the software developed valid in terms of content validity and construct validity each obtained the same range of 80%-93,33% with very valid categories. The practicality of the software is viewed from the result of student responses and is supported by observising the activities of students gets same range of 83,33%-100% with very practical categories.The effectiveness of software in terms of shifting conception of students obtained a percentage of 78,98% in the effective category.

Keywords: software, misconception, conceptual change text, acid base




Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 38