Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi Kelas XI MAN 1 Tuban
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v8n3.p%25pAbstract
Tujuan penelitan ini adalah menguraikan keterlaksanaan, aktivitas peserta didik, dan keterampilan berpikir kritis pada materi laju reaksi. Model penelitiannya yaitu pra-eksperimen metode deskriptif kuantitatif memakai desain one group pretest posttest design. Dilakukan di kelas XI-MIA 3 MAN 1 Tuban. Menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan; aktivitas peserta didik; tes keterampilan berpikir kritis; tes hasil belajar; dan angket respon. Hasilnya menunjukkan (1) rata-rata keteralaksanaan pertemuan pertama, kedua dan ketiga sebesar 94,65%, 96,43%, dan 98,96% dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas yang relevan pertemuan pertama, kedua, dan ketiga sebesar 86,30%, 88,89% dan 94,46%, aktivitas peserta didik sangat baik karena aktivitas yang relevan lebih tinggi daripada aktivitas yang tidak relevan. (3) Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan terbukti melalui ketuntasan klasikal sebesar 92,02% dan persentase peningkatan N-gain score pada kriteria tinggi.
Kata kunci: Guided Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju ReaksiDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

