PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMA

  • FANNY ROHMATUS SHOLIHAH Universitas Negeri Surabaya
  • MITARLIS MITARLIS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari lembar kegiatan peserta didik (LKPD) materi hidrolisis garam untuk melatihkan kemampuan literasi sains. Kriteria kelayakan ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model 4P yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design. Uji coba terbatas dilakukan pada peserta didik SMAN 3 Kota Mojokerto dalam 2 kali pertemuan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD dikatakan valid baik dari aspek validitas isi maupun konstruk berdasarkan penilaian validator. Hasil validasi pada aspek validitas isi sebesar 87,33% dan 86,67% pada aspek validitas konstruk dengan kategori sangat valid. Adapun dari segi kepraktisan, LKPD yang dikembangkan ditinjau berdasarkan observasi aktivitas peserta didik dan angket respon peserta didik setelah menggunakan LKPD. Hasil observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan LKPD diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,39% kategori (sangat baik). Angket respon memperoleh respon positif sebesar 95,43% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan LKPD ditinjau berdasarkan hasil peningkatan tes literasi sains peserta didik yang memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,83 dalam kategori tinggi. Berdasarkan kriteria kelayakan tersebut, bahwa LKPD berorientasi literasi sains pada materi hidrolisis garam layak digunakan sebagai bahan ajar untuk melatihkan kemampuan literasi sains.

Kata kunci : Lembar kegiatan peserta didik (LKPD), literasi Sains, hidrolisis garam

 

Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 215
PDF Downloads: 260