Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Hidrokarbon

  • UMI NUR HABIBAH Universitas Negeri Surabaya
  • MITARLIS MITARLIS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berorientasi mind mapping pada materi hidrokarbon dalam melatih kreativitas peserta didik. Kelayakan LKPD ditinjau dari kriteria isi materi, penyajian, dan kebahasaan yang sesuai dengan komponen dari mind mapping yang didukung berdasarkan hasil respon peserta didik. Jenis penelitian yang ini menggunakan model 4-D dengan empat tahapan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate) yang hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Subyek penelitian adalah peserta didik SMA kelas XI. Instrumen yang digunakan berupa lembar telaah, validasi, angket respon peserta didik, dan soal keterampilan berpikir kreatif. LKPD mampu melatihkan keterampilan berpikir kreatif sesuai dengan aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality). Berdasarkan hasil telaah, validasi, dan uji coba terbatas terhadap LKPD berorientasi mind mapping diperoleh data bahwa peserta didik memberikan respon positif sebesar 100%, kriteria isi materi memperoleh persentase 95% dikategorikan sangat layak, kriteria penyajian disusun secara sistematis memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat layak, dan kriteria kebahasaan memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak. Disimpulkan bahwa LKPD berorientasi mind mapping yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.Kata kunci: LKPD, mind mapping, keterampilan berpikir kreatif, model 4-D, hidrokarbon

 

Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 237
PDF Downloads: 306