PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS COLLABORATIVE CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE THINKING SKILL PADA MATERI ASAM BASA

  • Refanny Anindya Fitria Hervyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Muchlis Muchlis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD Berbasis collaborative creativity pada materi asam basa yang layak digunakan. LKPD yang dikembangkan berdasarkan fase-fase collaborative creativity diantaranya (1) fase identifikasi masalah, (2) fase eksplorasi ide kreatif, (3) fase collaborative creativity, (4) fase elaborasi ide kreatif, dan (5) fase evaluasi hasil dan proses. Pengembangan LKPD ini meminta peserta didik untuk membentuk kelompok kerja kolaboratif yang terdiri dari kelompok kecil dan kelompok besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dibatasi sampai uji coba terbatas dengan 12 peserta didik kelas XII MIPA 11 SMAN 1 Sidoarjo. Kelayakan LKPD ditinjau dari tiga aspesk antara lain, aspek validitas, keefektifan, dan kepraktisan. LKPD dapat dikatakan valid apabila hasil persentase ≥61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan dengan persentase berturut-turut 88,82%; 90,94%; 90%; dan 90%. Keefektifan ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi aktivitas peserta didik dengan persentase rata-rata berturut-turut 90,65%; 95,45; dan hasil pretest dan posttest keterampilan berpikir kreatif dengan nilai N-Gain berkisar 0,6-0,8 dengan kategori tinggi. Kepraktisan LKPD ditinjau dari angket respon peserta didik dengan persentase 97% pada kategori sangat praktis.

Kata kunci: LKPD, collaborative creativity, keterampilan berpikir kreatif.

Published
2021-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 390
PDF Downloads: 602