PENGARUH METODE BELAJAR VAK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

  • Dwi Bagus Rendy Astid Putera, dkk Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar VAK pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “quasi experimental”. Subjek penelitian adalah 60 siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 4 Surabaya pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020 dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas A (kooperatif tipe NHT) dan  kelas B (NHT berbasis VAK). Instrumen yang digunakan lembar pengamatan keterlaksanaan dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada persentase keterlaksanaan dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada pengaruh metode belajar VAK dalam model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada materi pokok laju reaksi dikemukakan simpulan yaitu (1) persentase keterlaksanaan kelas B lebih baik dari pada kelas A; (2) Persentase aktivitas siswa kelas B maksimal sesuai dengan kelompok gaya belajarnya (visual, audio, dan kinestetik). Hasil uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-T (Independent) pada persentase aktivitas anak kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,008. Sehingga Metode belajar VAK berpengaruh positif pada persentase aktivitas anak dalam pembelajaran di kelas.

Kata kunci: Kooperatif, NHT, VAK

Published
2021-03-10
How to Cite
Astid Putera, dkk, D. B. R. (2021). PENGARUH METODE BELAJAR VAK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 113-121. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/38420
Section
Articles