LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI MIND MAPPING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI ASAM BASA

  • Putri Anggreani, Mitarlis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berorientasi mind mapping untuk melatihkan keterampilan berfikir kreatif perserta didik pada materi asam basa. Metode penelitian ini menggunakan model 4-D (four-D) dengan empat tahapan yaitu, define, design, development, dan disseminate, namun hanya dibatasi pada tahap ketiga, yaitu development. Subjek pada saat uji coba terbatas pada penelitian ini sebanyak 8 peserta didik di SMAN 1 Gedangan. Kelayakan dilihat dari validitas isi dan validitas konstruk oleh tiga validator ahli dibidang kimia, kepraktisan dilihat dari hasil angket respon peserta didik, serta keefektifan dilihat dari tes peningkatan keterampilan berfikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berorientasi mind mapping layak digunakan ditinjau dari persentase validitas isi sebesar 88% dan validitas konstruk sebesar 89,33%. Hasil persentase angket respon peserta didik pada setiap kriteria, yaitu kriteria materi sebesar 90%, kriteria penyajian sebesar 91%, kriteria kebahasaan 88%, dan kriteria penilaian mind mapping sebesar 88% sehingga LKPD berorientasi mind mapping dikatakan praktis. Hasil nilai n-gain yang diperoleh adalah 0,52 dengan kriteria cukup sehingga LKPD berorientasi mind mapping dikatakan efektif.
Kata kunci: LKPD, mind mapping, keterampilan berfikir kreatif

Kata kunci: LKPD, mind mapping, keterampilan berfikir kreatif

Published
2021-03-19
How to Cite
Anggreani, Mitarlis, P. (2021). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI MIND MAPPING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI ASAM BASA. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 131-139. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/38552
Section
Articles