PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI

  • Aulia Nihayatul Muna Universitas Negeri Surabaya
  • Rusmini Rusmini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD untuk melatihkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode 4-D. Validitas LKPD mendapatkan kriteria sangat layak, ditinjau dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan menunjukkan persentase rata-rata sebesar 87,74%; 93,33%; 86,85%; dan 88,89%. Kepraktisan LKPD dinilai berdasarkan respon peserta didik yang ditinjau dari aspek isi, kebahasaan, dan penyajian menunjukkan persentase rata-rata sebesar 98,61%; 98,76%; dan 96,30% dengan kriteria sangat kuat, serta didukung observasi aktivitas peserta didik yang relevan memiliki persentase rata-rata sebesar 90% dan aktivitas yang tidak relevan sebesar 10%. Keefektifan LKPD mendapat kriteria sangat efektif. N-gain score tes kognitif mendapatkan kategori interpretasi tinggi sebesar 51,85% dan interpretasi sedang sebesar 48,14% dengan rata-rata n-gain score sebesar 0,77 yang didukung dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%, sedangkan pada tes keterampilan argumentasi mendapatkan kategori interpretasi tinggi dengan persentase 88,89% dan interpretasi sedang sebesar 11,11% dengan rata-rata n-gain score sebesar 0,84. Hasil tersebut didukung dengan uji wilcoxon pada kedua tes dan mendapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (Ha diterima) yang artinya terdapat pengaruh pada hasil tes kognitif dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan.
Kata kunci: keterampilan argumentasi ilmiah, faktor-faktor laju reaksi, LKPD

Published
2021-04-24
How to Cite
Muna, A., & Rusmini, R. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 159-171. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/38912
Section
Articles