PENERAPAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI MASA PANDEMIK COVID-19

  • Halimatus Sa'diyah Universitas Billfath
  • Fatayah Fatayah Universitas Billfath
  • Rendy Priyasmika Universitas Billfath
Keywords: Problem Solving, Stoikiometri, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan problem solving terdapat peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Sunan Drajat pada materi stoikiometri di masa pandemik COVID19. Rancangan yang digunakan yaitu pra-eksperimen one group pratest-postest. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Sunan Drajat dengan jumlah 55 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah Kelas X IPA dengan jumlah siswa 25 orang, dipilih dengan menggunakan teknik judgment sampling karena hanya ada satu sampel tersebut. Data dalam penelitian ini merupakan dua sampel yang berhubungan sehingga analisis data menggunakan uji Wilcoxon (non parametrik) karena data tidak berdistribusi normal. Uji Wilcoxon diolah menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil yang diperoleh nilai signifikansi 0,00 dan taraf kesalahan dalam penelitian ini sebesar 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Sunan Drajat pada materi stoikiometri.

References

Cahyani, A., Listiana, I.D.,&Larasati, S.P.D. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Alqur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, pp. 123–140.

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A.N.C., Wihartanti, L.V., Fauzi, A., Arifudin, O., Purandini,
I.P.Y., Latifah, E.D., Septiyani, T., Pangestika, R.R., Fatayah, F., Ayuningtyas, P., Lemba, V.C., & Hartono, R. 2021. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Widina.

Silayusa, N. P., Dantes, N.,&Suarni, N. K. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio terhadap Motivasi belajar dan prestasi belajar IPS Siswa SMALB di SLB A Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No. 1, pp. 1–11.

Warimun, E.S., 2012. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika pada Pembelajaran Topik Optika pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, Vol. 10, No. 02, pp. 111-114.

Widarta, P.,&Priyono., 2014. Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah pada Matadiklat Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol. 37, No. 2, pp. 137-144.

Raehanah, Mulyani, S.,&Saputro, S., 2014. Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Problem Solving Tipe Search Solve Create and Share (SSCS) dan Cooperative Problem Solving (CPS) ditinjau dari Kemampuan Berpikir
Kritis dan Kemampuan Matematis. Jurnal Inquiri, Vol. 3, No. 1, pp. 19-27.

Fatayah, F. 2019. Pengajaran remidi untuk menangani ketidaktuntasan hasil belajar kimia pada materi stoikiometri larutan dan titrasi asam basa. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, Vol. 1, No. 1, pp. 47–61.

Nurdiawati, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3K Berbantuan Media Praktikum Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok OksidasiReduksi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Mataram: Uiversitas Mataram.

Putri, N. S., Leny, L., & Mahdian, M. (2019). Penerapan Model Problem Solving Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Stoikiometri. JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol. 3, No. 2, pp. 55-63.

Pristiwanto. 2016. Penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Untuk Meningkatkan PemahamanSiswa tentang Komponen Peta. Wahana Pedagogika, 127-134.,” pp. 127-134.

Priyasmika, R. 2019. Perbandingan Strategi Inkuiri Terbimbing Dengan Problem Solving Terhadap PemahamanKonseptual Dan Algoritma Siswa Dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Rendah. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 1, pp. 485-494.

Setyorini, A.D., Saputro, A.N.C., & Haryono, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving DisertaiKartu Soal untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Di Kelas X MIPA 2 Semester Genap SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 7, No. 2, pp. 267-274.

Ariyanti, N. D., Haryono, H., & Masykuri, M. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi BelajarSiswa pada Materi Stoikiometri dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Modul di Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 6, No. 1, pp. 62-68.
Published
2021-11-05
Section
Articles
Abstract Views: 313
PDF Downloads: 359