ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19

Keywords: kesulitan belajar, pembelajaran kimia, pembelajaran daring, Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring, khususnya pada mata pelajaran kimia. Sejak wabah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemik, proses pembelajaran yang pada awalnya dapat dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Berdasarkan hasil observasi awal, ternyata tidak semua siswa yang dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran daring. Oleh karena hal itu, peneliti memiliki keinginan untuk menganalisis kesulitan belajar kimia secara daring selama pandemik Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada siswa dari beberapa SMA/MA/SMK yang ada di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa selama pembelajaran daring 41% siswa menyatakan bahwa mereka tidak dapat memahami konsep kimia dengan baik, 46% siswa menyatakan bahwa mereka tidak dapat mengingat konsep kimia lebih lama, dan 43% siswa menyatakan bahwa mereka mengalami ketegangan belajar.

References

Lee, A. 2020. Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, 179, p.A1.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID19 Indonesia. 2020. Data COVID-19 Global dan Indonesia.

Sudarsana, G. N., & Suarni, N. K. 2020. Pendeteksian Kesulitan Belajar Siswa Berdasarkan Transcript Based Lesson Analysis dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru. Proceeding Senadimas Undiksha,
1712.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. 2020. Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Vol. 6, No. 1, pp. 1-9.

Nofindra, R. 2019. Ingatan, Lupa dan Transfer dalam Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, Vol. 4, No. 1, pp. 2134.

Isnayni, M.Y. and Hermansyah, W., 2020. Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring Terhadap Mahasiswa Tadris Biologi Dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan
Biologi, Vol. 1, No. 1, pp. 22-28.

Wijayanti, M. T., Lutfi, A. 2021. Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, Vol. 5, No. 3, pp. 269276.

Farida, I., Rahmawati, R., Aisyah, R. and Helsy, I. 2020. Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z. KTI Massa WHF Pandemi Covid-19.

Muchson, M., Setiawan, N. C. E., Sari, M. E. F., Novitasari, S., Rokhim, D. A. 2021. Program Pembinaan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Kimia Ma/Sma Pada Mgmp Kimia Kabupaten Mojokerto Berbasis IoT. Panrita AbdiJurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol.5, No. 3, pp. 420-431.

Kharisma, K. 2018. Pengaruh Penerapan Blended Learning Dalam Model Kooperatif STAD Menggunakan Moodle Pada Mata Kuliah Kimia Organik II Terhadap Prestasi Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang. JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI DAN SAINS (PENBIOS), Vol. 2, No. 2, pp. 8-22.

Argaheni, N. B. 2020. Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, Vol. 8, No. 2,pp. 99.

Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. 2020. "Learning Task" Attributable to Students' Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, Vol. 3, No. 2, pp. 203-208.

Fitriasari, A., Septianingrum, Y., Budury, S., Khamida, K. 2020. Stres Pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, Vol. 12, No. 4, pp. 985-992.
Published
2021-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 579
PDF Downloads: 1017