PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM (LKP) BERBASIS GUIDED INQUIRY BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENTAL, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

  • Sitna Windia Risqi Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Tutik Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: lembar kerja praktikum, guided inquiry, Science, Environmental, Technology and Society (SETS), larutan elektrolit dan nonelektrolit

Abstract

Lembar Kerja Praktikum (LKP) yang baik harus mencakup kegiatan seperti mengamati, mengukur, mengklasifikasi, dan memprediksi yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Akan tetapi berdasarkan hasil analisis wawancara yang sudah dilakukan masih terdapat beberapa kekurangan pada Lembar Kerja Praktikum Kimia (LKP) Kimia yang ada saat ini, seperti belum memuat komponen yang lengkap, dan belum sepenuhnya mengasah kemampuan siswa untuk menemukan jawaban dari suatu masalah yang dikaitkan dengan aspek sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisan dari Lembar Kerja Praktikum berbasis guided inquiry bervisi Science, Environmental, Technology and Society (SETS) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan. Namun pada penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan Lembar Kerja Praktikum yang dikembangakan mendapat persentase dari 3 validator pada aspek isi/materi sebesar 91%, aspek penyajian sebesar 87%, dan aspek bahasa sebesar 91%. Sementara itu, untuk kepraktisan mendapatkan persentase rata-rata dari respon siswa sebesar 73% dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Praktikum yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam kegiatan praktikum.

References

Effendy. 2017. Molekul, Struktur, dan Sifat- Sifatnya. Malang: Indonesia Academica Publishing.

Experenza, Prestin., M. Isnaini, and L. Irmita. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Orbital J. Pendidik. Kim, vol. 3, no. 1. pp. 81–93,

Asda, V. D. dan A. Andromeda. 2021. Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF J. ILMU Pendidik. vol. 3, no. 3. pp. 710–716,

Jamil, Nur Ngafifah. 2018. Efektivitas Model Discovery Learning Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan.Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. vol 7, no 2. pp.1-15

Aswan. Zain dan Bahri Djamarah Syaiful. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryaningsih, Y. 2017. Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educ., vol. 2, no. 2. pp. 279-492,

Handayani, Lana Putri, F. Farida, dan A. Anhar. 2014. Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMP Kelas VII Semester II. Kolaboratif. vol. 1, no. 3. pp. 69-76

Kuhlthau, C. C., L. K. Maniotes, dan A. K. Caspari. 2015. Guided inquiry: Learning in the 21st century: Learning in the 21st century. London: Libraries Unlimited.

Shafarina, Yuniza., L. Leny, and M. Kusasi. 2018. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Koloid. JCAE (Journal Chem. Educ. vol. 2, no. 2. pp.57–62.

Khasanah, Nur. 2015. SETS (Science, Environmental, Technology and Society) sebagai pendekatan pembelajaran IPA modern pada Kurikulum 2013. Proseding KSPDA (Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam). vol 1, no. 1. pp. 270-277

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Asyhari, Ardian dan Helda Silvia. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran IPA Terpadu. J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni. vol. 5, no. 1. pp. 1–13.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Prakti. Jakarta: Rieneka Cipta.

Putriani, Eka, N. Kadaritna, dan L. Tania. 2017. Pengembangan LKS Berbasis KPS Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. J. Pendidik. dan Pembelajaran Kim. vol. 6, no. 3. pp. 561–572.
Published
2022-01-06
Section
Articles
Abstract Views: 330
PDF Downloads: 324