E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) PERKEMBAGAN TEORI ATOM UNTUK MENINGKATKAN LEVEL KOGNITIF LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

  • Singgih Oka Wardhana Unesa
  • Shabrina Nabilah Universitas Negeri Surabaya
  • Annisa Putria Dewitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Literasi sains, Nature of Science, e-modul, kognitif

Abstract

Pada abad ke-21 pendidikan berorientasi sains wajib menekankan literasi sains. Penelitian ini menyajikan hasil dari e-modul elektronik berbasis nature of science (NoS) yang telah dikembangkan berdasar validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Metode ini telah disesuaikan dengan tujuan penelitian sehingga hanya sampai tahap Develop. Hasil validitas e-modul yang dikembangkan pada setiap komponennya, sseperti: isi, literasi saisn, NoS, Bahasa, dan penyajian mendapatkan kategori sangat valid. Hasil dari kepraktisan pada setaip komponenya, seperti: isi, literasi sains, NoS, motivasi, dan penyajian mendapatkan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan didapatkan dari soal tes literasi yang digunakan untuk menguji pengetahuan kognitif peserta didik dengan nilai N-gain yang bervariasi yaitu 0,7; 0,7; dan 0,8 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa e-modul interaktif berbasis nature of science (NoS) dapat meningkatkan level kognitif literasi sains peserta didik.

References

Asrofiyah & Sukarmin, 2012. The Development of Billingual Interactive E-Book With Contextual Teaching and Learning Oriented on Electrolysis Sub Topic. Unesa Journal of Chemical Education, vol 1, no 1, pp. 35-40.

Nurdin, S. & Adriantoni, 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, E. I., 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif dalam Model Belajar Mandiri untuk Sekolah Menengah Pertama. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol 3, no 2, pp. 83-89.

Dori, Y. J., Dangur, V., Avargil, S. & Peskin, U., 2014. Assessing Advanced High School and Undergraduate Students’ Thinking Skills: The Chemistry From the Nanoscale to Microelectronics Module. Journal of Chemical Education, vol 91, no 9, pp.
1306-1317.

Retno, A. T. P., Saputro, S. & Ulfa, M., 2018. Properness Test: Development of an Inquiry-Based Learning Module to Improve Science Literacy in Thermochemistry Subject. East Java, indonesia, AIP Conference
Proceedings.

Pratowo, A., 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Bakri, F., Muliyati, D. & Nurazizah, I.,2018. Website E-Learning Berbasis Modul: Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, vol 3, no 1, pp. 90-95.

Imansari, N. & Sunaryatiningsih, I. 2017. Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol 2, no 1, pp. 11-16.

Murtiningrum, E., Ashadi & Mulyani,S., 2013. Pembelajaran Kimia dengan Problem Based Solving Menggunakan Media E-Learnong dan Komik Ditinjau dari Kemampuan Berpikri Abstrak dan Krativitas Siswa. Jurnal Inkuiri, vol 2, no 3, pp. 288-301.

Zulkarnian, A., Kadaritna, N. & Tania,L., 2015. Pengembangan E-Modul Teori Atom Mekanika Kuantum Berbasis WEB dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, vol 4, no 1, pp.222-235.

Sirhan, G., 2007. Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, vol 4, no 2, pp. 2-20.

Rizawayani, Sari, S. A. & Safitri, R., 2017. Pengembangan Media Poster pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol 5, no
1, pp. 127-133.

Sufairoh, 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, vol 5, no 3, pp. 116-125.

Kemdikbud, 2016. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Lederman, N. G., Abd-El-Khalick, F. Bell, R. L. & Schwartz, R. S., 2002. Views of Nature of Science Questionnaire: Toward Valid and Meaningful Assessment of Learners' Conceptions of Nature of Science. Journal of Research in Science Teaching, vol 39, no 6, pp. 497-521.

Wenning, C. J., 2006. A Framework for Teaching the Nature of Science. Journal Physics Teacher Education Online, vol 3, no 3, pp. 3-10.

OECD, 2019. PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. Paris: PISA, OECD Publishing.

Yuenyong, C. & Narjaikaew, P., 2009. Science Literacy and Thailand Science Education. International Journal of Environmental & Science Education, vol 4, no 3, pp. 335-349.

Fadhilah, R. A. N. & Hidayah, R.,2020. Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan Implementasi LKPD Berorientasi Blanded Learning SMA. Surabaya, Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK) 2020.

Setiawan, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B. & Sudarmin, 2017. Development of Local WisdomBased Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol 6, no 1, pp. 49-54.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. I., 1974. Intructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Riduwan, 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hanke, R., 1998. Interactive Engagment Versus Traditional Methods: A Thausand Student
Survey of Mhecanics Test Data for Introductory Physics Course. American Journal Physics, vol 66, no1, pp. 64-74.

Nieveen, N., 1999. Prototype to Reach Product Quality. Dordrecht: Kluwer Acedemic Publisher.

Yudanti, N., A., & Premono, S., 2021. Hubungan Antara Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Block System Proses Industri Kimia. JTC-RE: Journal of Tropical Chemistry Research and Education, vol 3, no 1,pp. 10-17.

Kemdikbud, 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menegah Atas. Jakarta: Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menegah.

Zamariah, M., 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bahasa Indonesia dengan Penerapan Program Remidial Tutor Sebaya pada Siswa Kelas VI SDN 2 Metro Barat Tahun Pelajaran 2009/2010. Iqro', vol 1, no 2, pp. 89-108.

Arsyad, A., 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Khery, Y. et al., 2018. Gagasan Model Pembelajaran MObile-NoS untuk Peningkatkan Literasi Siswa. "Hydrogen" Jurnal Pendidikan Kimia, vol 6, no 1, pp. 44-55.

Roberts, R., Gott, R. & Glaesser, J., 2010. Student Approaches to OpenEnded Science Investigation: The Importance of Substansive and Procedural Understanding. Research Paper in Education, vol 25, no 4, pp. 377-407.
Published
2021-12-23
Section
Articles
Abstract Views: 781
PDF Downloads: 749