E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) PERKEMBAGAN TEORI ATOM UNTUK MENINGKATKAN LEVEL KOGNITIF LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

  • Singgih Oka Wardhana Unesa
  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada abad ke-21 pendidikan berorientasi sains wajib menekankan literasi sains. Penelitian ini menyajikan hasil dari e-modul elektronik berbasis nature of science (NoS) yang telah dikembangkan berdasar validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Metode ini telah disesuaikan dengan tujuan penelitian sehingga hanya sampai tahap Develop. Hasil validitas e-modul yang dikembangkan pada setiap komponennya, sseperti: isi, literasi saisn, NoS, Bahasa, dan penyajian mendapatkan kategori sangat valid. Hasil dari kepraktisan pada setaip komponenya, seperti: isi, literasi sains, NoS, motivasi, dan penyajian mendapatkan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan didapatkan dari soal tes literasi yang digunakan untuk menguji pengetahuan kognitif peserta didik dengan nilai N-gain yang bervariasi yaitu 0,7; 0,7; dan 0,8 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa e-modul interaktif berbasis nature of science (NoS) dapat meningkatkan level kognitif literasi sains peserta didik.

Published
2021-12-23
How to Cite
Wardhana, S., & Hidayah, R. (2021). E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) PERKEMBAGAN TEORI ATOM UNTUK MENINGKATKAN LEVEL KOGNITIF LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. UNESA Journal of Chemical Education, 11(1), 34-43. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p34-43
Section
Articles
Abstract View: 213
PDF Download: 198