PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PERMAINAN KARTU UNO KIMIA UNSUR TERHADAP RESPON SISWA DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN

  • Siti Aisyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Bagus Rendy Astid Putera Universitas Trunojoyo Madura
  • Wiwin Puspita Hadi Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: kartu UNO, teknologi, kimia unsur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dengan menerapkan teknologi pembelajaran dalampermainan kartu Uno kimia unsur yang dilakukan di lingkungan pondok pesantren yaitu MA An Nur Banyuates,Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan konsep kimia unsur khususnya golongan utama yang berada di setiap kartu Uno yang menampilkan barcode. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII IPA 2.Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitianadalah angket respon siswa dengan indikator kemudahan penggunaan, ketertarikan, dan kebermanfaatan. Hasil penelitian memperoleh persentase kemudahan 93%, ketertarikan 91 %, dan kebermanfaatan 87% dengankategori sangat baik. Rerata skor secara keseluruhan yaitu 90% dengan kategori sangat baik.

References

Jayusman, I. dan Shavab, O. A. K. 2020. Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, Vol 7, No 1, pp. 13–20.

Wahyuni, Z. A. dan Yerimadesi. 2021. Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3, No 3, pp. 680–688.

Larassati, L. dan Nurseto, T. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 16, No 1, pp. 8–15.

Sari, Y., Solehah, G. H., dan Mashuri, M. T. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Uno Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vidya Karya, Vol 33, No 1, pp. 35–41.

Bankole, I. S. 2018. Deploying Card Games as Tools in Learning Chemistry Concepts in Nigerian Classrooms. Journal of Chemical Society of Nigeria, Vol 43, No 3, pp. 325–335.

Ramdhan, M. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Budiastutik, I., Faridi, A., Ramdany, R., Fitriani, R. J., Tania, P. O. A., Rahmiati, B. F., Lusiana, S. A., Susilawati, A., Sianturi, E., dan Suryana. 2021. Metodologi Penelitian Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ghofur, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol 1, No 2, pp. 144–152.

Anggraeni, A. dan Hendrizal. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, Vol 13, No 1, pp. 64–76.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., dan Mufidah, R. A. 2020. Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, Vol 4, No 1, pp. 150–157.

Puspitasari, A. D. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 7, No 1, pp. 17–25.

Merliana, N. P. E. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android sebagai Media dalam Pembelajaran Hindu. Jurnal Studi Agama, Vol 1, No 1, pp. 37–53.

Putrawangsa, S. dan Hasanah, U. 2018. Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0 : Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, Vol 16, No 1, pp. 42–54.

Widiara, I. K. 2018. Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Agama dan Budaya, Vol 2, No 2, pp. 50–56.

Handoko, M. D., Sulthoni, dan Ulfa, S. 2021. Pengembangan Multimedia Tutorial Berfitur Peta Konsep untuk Belajar Lapisan Bumi Siswa MTs. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 4, No 2, pp. 148–157.
Published
2022-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 323
PDF Downloads: 498