IMPLEMENTASI MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING (GIL) BERBASIS LSLC PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Ramadhani Ramadhani Universitas Negeri Padang
  • Andromeda Andromeda Universitas Negeri Padang
  • Haowraida Haowraida Universitas Negeri Padang
Keywords: Guided Inquiry Learning, Lesson Study for Learning Community, Hukum Dasar Kimia, Hasil Belajar

Abstract

Penerapan model pembelajaran pada materi kimia belum terlaksana secara optimal sesuai dengan sintaksnya sehingga berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan upaya untuk mengoptimalkan pelaksanaan model pembelajaran sesuai dengan sintaksnya melalui lesson study for learning community (LSLC) yaitu suatu model pembianaan profesi pendidik. Adanya komunitas belajar di LSLC yang berperan untuk meningkatkan profesionalitas guru, misalnya dalam penerapan model pembelajaran agar terlaksana secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh implementasi model guided inquiry learning (GIL) berbasis LSLC pada materi hukum dasar kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 9 Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasiexperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal-soal pretest-posttest. Hasil nilai pretest-posttest dianalisis dengan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan pengolahan data, rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 0,6 > 0,3 dan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan bahwa nilai t hitung > t tabel 2,99 > 1,667 sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran GIL berbasis LSLC terhadap hasil belajar siswa.

References

Ramdaniyah, I.F. & Dwiningsih, K. 2017. Penerapan LKS Berbasis Literasi Sains Melalui Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Sub Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemistry Education, Vol 6, No 1, pp. 60.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.

Wahyudi, L.E & Supardi, I. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 2, No 2, pp. 63.

Hunnicut, S.S., Grushow, A., & Whitnell, R. 2015. Guided-Inquiry for Physical Chemistry : The POGIL-PCL Model. Journal of Chemical Education, Vol B.

Supriyatno, T., Lestari, D.A., & Utami, U. 2020. Efektivitas Guided Inquiry Learning Model Untuk Meningkatkan Scientific Attitude dan Skill Critical Thinking Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 13, No 1, pp. 3.

Orlich, D.C., dkk. 2010. Teaching Strategies : A Guide to Effective Instruction. USA : Wadsworth

Hanson, D.M. 2005. Designing Process Oriented Guided-Inquiry Activities. Faculty Guidedbook – A Comprehensif Tool for Improfing Faculty Performance.

Indrawan, I.P.O. 2017. Prestasi Belajar Siswa Dalam Diklat Lesson Study. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), Vol 6, No 1, pp.
39-44.

Setyawan, D., Permana, T.I., & Latifa, R. 2019. Lesson Study for Learning Community : A Way of Collegial Participation of Teacher and Lectures. Jurnal Bioedkatika, Vol 7, No 1, pp. 1.

Fajarianingtias, D.A. 2021. Penerapan Inkuiri Terbimbing Melalui Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA-2 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang. LENSA(Lentera Sains) : Jurnal Pendidikan Ipa, Vol 2, No 1, pp. 9-16.

Laliyo, L.A.R., Kau, M., Kilo, J.L., Kilo A.L. 2020. Kemampuan siswa Memecahkan Masalah Hukum-Hukum Dasar Kimia Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. ArRazi Jurnal Ilmiah, Vol 8, No 1, pp. 1-8.

Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabet.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian Multimedia Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa pada Matakuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol 1, No 4, pp. 746-751.

Widana, I.W & Muliani, P.L. 2020. Uji Persyaratan Analisis. Lumajang : Klik Media.

Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta : Rineka Cipta
Published
2022-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 289
PDF Downloads: 302