PENGEMBANGAN E-BOOK FLIP PDF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (STUDI PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU)

  • Haeriah Ummul Universitas Negeri Makassar
  • Jusniar - Jusniar Universitas Negeri Makassar
  • Hardin Hardin
Keywords: E-Book Flip PDF, ADDIE, laju reaksi

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-book flip PDF yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah Researc and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan materi, angket respon peserta didik dan guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian yaitu ahli media dan materi yang masing-masing terdiri dari 2 orang, guru kimia berjumlah 1 orang dan 30 peserta didik kelas XI MIA 1. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kevalidan e-book yang telah divalidasi diperoleh hasil kevalidan sebesar 3,71 dan 3,49 yang berada pada kategori sangat valid (ahli media maupun ahli materi), (2) Kepraktisan e-book dari presepsi pengguna masing-masing menunjukkan persentase 91,09% guru dan 90,97% siswa merespon positif (sangat praktis). Hasil kepraktisan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dalam model discovery learning menunjukkan ratarata persentase yakni 97,07%, dengan kategori sangat tinggi, (3) Keefektifan e-book ditentukan dengan uji empiris berdasarkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil memenuhi kriteria efektif (≥ 80%) berdasarkan KKM 75 mencapai ketuntasan kelas dengan persentase 87,88%. E-book flip PDF yang dikembangkan dengan model ADDIE telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran

Author Biographies

Haeriah Ummul, Universitas Negeri Makassar

Thanks

Hardin Hardin

Thank you

References

Fuady, A., Nina, K., dan Ratu, B.R. 2017. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi koloid. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 6, No.2.

Nurhalidah., R.R.A. dan Fitra, Y. 2019. Pengaruh Media Flipbook Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, Vol. 2 No. 2.

Putrawansyah, Ferry. 2016. Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal on Networking and Security, Vol. 5, No. 4.

Muwaffaqoh, D., Tjandra K., dan Firda, R.. 2021. The Development of E-book Based on Project Based Learning on the Plant Anatomy Structure Material. International Journal of Recent Educational Reserch, Vol.2 No.4.

Aldoobie, N. 2015. ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research Vol. 5 No.6.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka.

Mustaming, A., Mochmad, C., Luthfiyah, N. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen Komponen Sistem Pengoperasiannya Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek, Vol.3, No.1.

Depdiknas. 2008. Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung; Alfabeta

Hayati, S., Agus, S.B., dan Erfan H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (EJournal) SNF, Vol. 4.
Published
2022-09-29
Section
Articles
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 154