EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBAGAI APLIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SAINS UNTUK SISWA TUNAGRAHITA: LITERATURE REVIEW

  • Deni Ainur Rokhim Universitas Negeri Malang
  • Jacky Anggara Nenohai Universitas Negeri Malang
  • Nur Indah Agustina Universitas Negeri Malang
  • Munzil Munzil Universitas Negeri Malang
Keywords: Efektivitas Media Pembelajaran, Siswa Tunagrahita, Literature Review

Abstract

Siswa tunagrahita memiliki kemampuan fungsi intelektual atau kecerdasan di bawah rata-rata anak normal sehingga mengalami kesulitan dalam memahami materi yang abstrak seperti IPA, akan tetapi ada cara yang dapat meningkatkan pemahaman mereka yaitu menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil efektivitas penggunaan media pembelajaran dari berbagai aplikasi dalam meningkatkan materi sains untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan database artikel online yaitu ERIC dan Google Scholar. Artikel yang direview sebanyak 10 artikel sesuai topik. Hasil review menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bagi siswa tunagrahita sangat berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman pada materi IPA. Media pembelajaran yang digunakan banyak berasal dari berbagai aplikasi seperti media yang menggabungkan sisi edukasi dan hiburan seperti menggunakan video, permainan (game), media visual seperti gambar dan lainnya sesuai dengan kebutuhan siswa tunagrahita. Berdasarkan hasil literature review dari peneliti sebelumnya, maka disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 selaras dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa tunagrahita pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita pada materi sains dengan baik.

References

Nenohai, J. A., Sudirman, S., Naat, J. N., & Sarifudin, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Pokok Ikatan Kimia untuk SMA/MA Kelas X. Jurnal Beta Kimia, 2(1), 41-50.

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pendidikan khusus pada SLB di Sidoarjo. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 21-30.

Effendy, P. A., Sihkabuden, S., & Husna, A. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang pada Kelas B (Tunarungu). JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 213-220.

Ariani, I. H. (2017). Peningkatan aspek psikomotorik pada anak tunagrahita sedang di SDLB panca bahakti magetan tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Maulidiyah, F. N. (2020). Media pembelajaran multimedia interaktif untuk anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93-100.

Asmayanti, A., Budiyono, H., & Syuhada, S. (2022). Penggunaan Media Video Berbasis Poowton Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 140-149.

Meimulyani, Y. dan Caryoto (2013).. Media pembelajaran adaptif: bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta: Luxima, 1-18.

Zuhriyyah, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card IPA pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Muchtar, A. D. (2018). Implementasi Kurikulum Pai 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Bhakti Kencana Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 70-78.

Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on conducting a systematic literature review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93-112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971

Nenohai, J. A., Rahayu, S., & Dasna, I. W. Validity and effectiveness of chemical practicum e-modules of various applications with ethnoscience approach in chemical learning: Analysis review. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(2), 70-78.

Syam, A. R. (2017). Posisi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 33-46.

Muchtar, A. D. (2018). Implementasi Kurikulum Pai 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Bhakti Kencana Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 70-78.

Kurnianto, D. (2020). Implementasi Kurikulum Tahun 2013 Pada Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Deskriptif Kualitatif, Metode Studi Pustaka) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 243-255.

Ersanty, D., & Mahmudah, S. (2020). Pembelajaran Berbasis Web Untuk Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).

Afrila, L., & Sopandi, A. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kinect untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB N 1 Kubung. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 6-11.

Ariskayanti, A. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Kata dalam Pembelajaran IPA pada Anak Tunagrahita ringan Peserta Didik Kelas IV di SLB Somba Opu Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Makassar).

Kaplale, P. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Negeri Batu Merah Ambon.

Wiratmoko, G., Chamsudin, A., & St M, E. (2020). Efektifitas Game Edukasi Mengenal Benda Di Lingkungan Sekitar Sebagai Upaya Penanaman Kemandirian Belajar Untuk Siswa Tunagrahita Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Putri, Z. I. R., & Irdamurni, I. (2019). Efektivitas Media Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman tentang Hewan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 19-23

Listyaningrum, E., & Rianto, E. (2020). Media Pembelajaran Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Merawat Diri Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1).
Published
2023-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 365
PDF Downloads: 345