PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KONSEP KOLOID: PRAKTIKUM PENJERNIHAN AIR MENGGUNAKAN KITOSAN DARI CANGKANG KEPITING (Scylla serrata)

Authors

  • Dewi - Murniati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v12n1.p67-74

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada konsep koloid untuk praktikum penjernihan air menggunakan kitosan dari Cangkang Kepiting (Scylla serrata). Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap development. Instrumen yang digunakan berupa angket analisis kebutuhan, angket analisis karakteristik peserta didik, lembar validasi isi LKPD oleh ahli, angket respon peserta didik, dan angket respon guru. Validasi isi LKPD dilakukan oleh 2 orang validator ahli yang terdiri dari 2 dosen kimia. Berdasarkan penilaian validator, dihasilkan LKPD yang valid dan layak diuji coba. Tahap uji coba LKPD dilakukan terbatas terhadap 10 orang peserta didik kelas XI IPA di SMA Triguna Utama dan 5 orang guru mata pelajaran kimia yang mengajar di SMA/MA. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan guru, diperoleh respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan masing-masing memperoleh persentase rata-rata sebesar 82,08%  dan 83,85% yang termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran konsep koloid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Amali, K., Kurniawati, Y. & Z., 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JNSI, pp. 191-202.

2. Amrina, Z., D. & Arifin, S., 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materipecahan Untuk Siswa Kelas IV Sd Negeri 38 KuranjI. CERDAS Proklamator, pp. 1-9.

3. Bahriah, E. S., Suryaningsih, S. & Yuniati, D., 2017. Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Konsep Koloid Untuk Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris Kimiya 2, pp. 145-152.

4. Elwi, L. C., Festiyed, P. D. M. & Djamas, D. H. D., 2017. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, pp. 97-104.

5. Hanafi, 2017. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Kajian Keislaman, p. 130.

6. Hasibuan, 2016. Analisis Dampak Limbah Atau Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, pp. 42-52.

7. Ifa, L., Akbar, M., Ramli, A. F. & Wiyani, L., 2018. Pemanfaatan Cangkang Kerang Dan Cangkang Kepiting Sebagai Adsorben Logam Cu, Pb, Dan Zn Pada Limbah Industri Pertabangan Emas. Journal of Chemical Process Engineering, pp. 33-37.

8. Kurniawan, D. & Dewi, S. V., 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 menggunakan Model 4D Thiagarajan. Siliwangi Vol 3(1), p. 216.

9. Lestari, L., Alberida, H. & Rahmi, Y. L., 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JEP (Eksakta Pendidikan), pp. 170-177.

10. Lestari, L., Alberida, H. & Rahmi, Y. L., 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JEP (Eksakta Pendidikan), pp. 170-177.

11. Munandar, H., Y. & M., 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islam pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, pp. 27-37.

12. P. N. 3., 2018. Peraturan Permendikbud RI No. 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas /Masrasah Aliyah. JDIH Kemendikbud.

13. Purwasi, L. A. & Fitriyana, N., 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Other Thinking Skill (HOTS). Jurnal Program Studi Matematika, pp. 894-908.

14. Sinambela, P. N. J. M., 2017. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Medan, pp. 17-29.

15. Suryaningsih, S. & Nurlita, R., 2021. Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatof dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, pp. 1256-1268.

16. U., 2018. Pentingnya LKPD pada Pendekatan Saintifik Pembelajaran Matematika. Universitas Lampung, pp. 217-225.

Downloads

Published

2023-05-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 138