REVIEW: EFEKTIVITAS LKPD PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Virginia Ahsani Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Rinaningsih Rinaningsih Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Inkuiri, LKPD, Kimia, Hasil Belajar

Abstract

Artikel review ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD pada pembelajaran kimia melalui cara pembelajaran inkuiri guna peningkatan hasil belajar siswa. Deskripsi tersebut didapatkan dari berbagai artikel untuk dilakukan identifikasi dan analisis secara sistematis. Studi bersifat deskriptif kuantitatif. Bertujuan untuk mendapatkan hasil studi yang relevan tentang manfaat LKPD inkuiri dalam pembelajaran. LKPD diberikan kepada siswa saat berlangsungnya aktivitas belajar mengajar. Setelah dianalisis, didapatkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan bantuan LKPD inkuiri. Metode penelitian ini yakni meta analisis dengan cara mengumpulkan sejumlah data penelitian dari beberapa sumber artikel atau jurnal. Analisa dijalankan dengan membandingkan data pretest serta posttest sebanyak sepuluh penelitian tentang LKPD inkuiri. Berdasarkan hasil analisis dari sepuluh penelitian tentang LKPD inkuiri didapat rerata peningkatan hasil belajar secara signifikan sebanyak 37,35%. Hasil uji T didapatkan T hitung (-9,987)<T table (2,845) yang berarti adanya keterbedaan berarti pada hasil belajar yang didapat siswa sebelum serta setelah penggunaan LKPD inkuiri. Jadi, LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai tambahan sumber belajar atau bahan ajar bagi peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya untuk materi pembelajaran kimia.

 

References

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Ulfah, A., Bintari, S. dan Pamelasari, S. (2013). Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. Unnes Science Education Journal, Hal 239-44.

Islichanah, M., Sudarmin dan Linuwih, S. (2014). Pengembangan LKS IPA Berbasis Learning Cycle 4E Tema Pencemaran Lingkungan untuk Membekali Keterampilan Generik Inferensi Logika Peserta didik, Unnes Sciense Education Journal., Vol 3 No 3, pp. 669-76.

Wahyuningsih, F., Saputro, S. dan Mulyani, S. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk SMA/MA. Universitas Sebelas Maret, Jurnal Paedagogia., Vol 17, pp. 94-103.

Sari, W.S., Suryatna, A. dan Sunarya, Y. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Sub Pokok Materi Pengaruh Penambahan Ion Senama terhadap Kelarutan. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 25-35.

Astuti, Y. dan Setiawan, B., (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia., Vol 2, No 1, pp. 88-92.

Asmawati, E. (2015). Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika., Vol 3, No 1, pp. 1-16.

Praptiwi, L., Sarwi dan Handayani, L. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Unjuk Kerja Peserta didik SMP RSBI, Unnes Science Education Jounal., Vol 1, No 2, pp. 86- 95.

Rokhmah, A., dan Madlazim. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Peserta didik dalam Melakukan Eksperimen pada Materi Ajar Sumber Energi Terbarukan, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika., Vol 4, No 2, pp. 88-91.

Rahmadani, A., Amalita, N., dan Helma. (2012). Penggunaan Lembar Kerja Peserta didik Yang Dilengkapi Mind Map dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika., Vol 1, No 1, pp. 30-34.

Hastuti, A., Mustikaningtyas, D. dan Widyatmoko, A. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Education Game pada Tema Rokok dan Kesehatan, Unnes Science Education Journal., Vol 3, No3, pp. 579- 86.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press: Yogyakarta

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Suyanti, R.D.(2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ansor, S. (2017). Studi Meta Analisis Strategi dan Pemanfaatan Jurnal Elektronik (ejournals) untuk Mahasiswa Lulusan Universitas Negeri Malang dalam Upaya Publikasi Ilmiah Bereputasi Internasional. Record and Library Journal., Vol 3, No 1, pp. 63-73.

Saidaturrahmi, Gani, A., dan Hasan, Muhammad. (2019). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Vol 7, No1, pp. 1-8.

Rismawati, Sinon, I.L.S., Yusuf, I.M., dan Widyaningsih, S.W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari. Jurnal Pendidikan., Vol 8, No 1, pp. 12-25.

Silaban, A., dan Simanjuntak, M.P. (2017). Improvement of Science Process Skill and Understanding The Concept of Physics Using Inquiry Learning Models Leading. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME)., Vol 7, No 5, pp. 49-52.
21.
Syafriansyah, Suyanto, E., dan Nyeneng, D.P. (2013). Pengaruh Keterampilan Proses Sains (KPS) terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Melalui Metode Eksperimen dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika., Vol 1, No 1, pp. 433-443.

Sarlivanti, Adlim, dan Djailani. (2014). Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia., Vol 2, No 1, pp. 75-86.
23.
Annafi, N. (2016). Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Di MAN 1 Kota Bima. Journal of EST., Vol 2, No 2, pp. 98-104.

Hamidah, N., Haryani, S., dan Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia., Vol 12, No 2, pp. 2212-2223.

Harfita, Nur Laily (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik. Digital Repository Universitas Negeri Medan.

Nahak, R.L., dan Bulu, V.R. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Kependidikan IKIP Mataram., Vol 6, No 2, pp. 230-237.
27.
Prasetya, C., Gani, A., dan Sulastri. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)., Vol 7, No 1, pp. 34-41.
28.
Khafida, Ikke Ladya. (2019). Pengembangan LKPD Inkuiri Berbasis Hands-On & Minds-On Activity Untuk Meningkatkan HOTS Pada Materi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education., Vol 10, No 1, pp. 38-47.

Wahdaniyah, Noera. (2020). Pengembangan LKPD Inkuiri Berpendekatan Nested Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry Education Practice. Vol 4, No 1.

A’yun, N.Q., dan Hidayah, R. (2019). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Zarah., Vol 7, No 2, pp. 35-39.

Aziz, R.A., Iryani, dan Mawardi. (2018). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 2 Padang. Menara Ilmu., Vol 7, No 12, pp. 48-57.

Putri, A.C., Wardani, S., Nuswowati, N., dan Harjono. (2021). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan E-LKPD Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Materi Redoks. Journal of Chemistry In Education., Vol 10, No 1, pp. 81-88.

Arisandy, C.N., Agustini, R., dan Poedjiastoeti, S. (2022). Efektifitas Perangkat Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis. UNESA Journal of Chemical Education., Vol 11, No 1, pp. 44-56.

Firdaus, M., dan Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA., Vol 4, No 1, pp. 26-40.

Suriani, B., Laksmiwati, D., dan Siahaan, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tipe Diagram Vee Terhadap Hasil Belajar Kimia. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram., pp. 32-35.

Sartini, N.M.K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 1 Tegallalang. Jurnal Suluh Pendidikan., Vol 18, No 1, pp. 53-68.

Ishma, E.F., dan Novita, D. (2021). Implementasi LKPD Inkuiri Terbimbing Online untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice., Vol 4, No 1, pp. 10-18.

Kurniyaningsih, B. dan Yonata, B. (2019). Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education., Vol 8, No 1, pp. 75-81.

Maghfirati, R.H., Hamid, A. dan Istyadji, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Berorientasi LKPD Level Representasi Kimia. JCAE (Journal of Chemistry And Education)., Vol 5, No 2, pp. 67-76.

Irmi, I., Hasan, M., dan Gani, A. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)., Vol 3, No 2, pp. 75-87.

Zakiyah, F. dan Yonata, B. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi Guided Discovery Learning dengan Internet Assisted Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal Of Innovation in Chemistry Education., Vol 3, No 1, pp. 46-55.

Trianah, Yeni (2021). Pengembangan LKPD Kimia Berbasis Inkuiri Materi Kimia Tanah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMKN Pretanian 2 Tugumulyo. Jurnal Perspektif Pendidikan., Vol 15, No 1, pp. 81-90.

Andrianie, D., Sudarmin, dan Wardani, S. (2018). Representasi Kimia untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Redoks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS. Chemistry in Education., Vol 7, No 2, pp. 69-76.
Published
2023-05-16
Section
Articles
Abstract Views: 293
PDF Downloads: 285