PENERAPAN ETNOKIMIA YANG KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

  • Saldhyna Di Amora Mahasiswa PPG Prajabatan Kimia UNESA
  • Dian Novita
  • Arni Wiyati
Keywords: Etnokimia, Problem Based Learning, Koloid, Kemampuan Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan konsep Etnokimia yang kontekstual pada materi koloid melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Objek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA 6 SMA Negeri 6 Surabaya yang berjumlah 26 orang. Proses pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini terdiri dari tiga siklus pembelajaran yang meliputi pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Variabel tetap pada ketiga siklus pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran PBL. Adapun variabel berbeda yang ingin diamati adalah penerapan Etnokimia yang kontekstual. Pada pembelajaran pra-siklus, penulis hanya menerapkan model pembelajaran PBL tanpa memasukkan konsep Etnokimia untuk membahas materi sifat koloid koagulasi dan adsorpsi. Sedangkan pada pembelajaran siklus 1, penulis mengintegrasikan unsur budaya Ludruk untuk mempelajari materi sifat koloid efek Tyndall. Kemudian pada pembelajaran siklus 2, penulis mengintegrasikan unsur kuliner cincau untuk membahas materi pembuatan koloid secara dispersi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu lebih dari 75% peserta didik pada pembelajaran siklus 1 dan 2 memiliki persentase kemampuan berpikir kritis di atas 71% (kategori tinggi dan sangat tinggi) dan hasil belajar yang memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥ 80.

References

Cahyono, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran Socrates Kontekstual dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Dewi, Rusdiana dan Utiya Azizah. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, vol. 8, no. 3, pp. 332-339.

Gay, Geneva. 2002. Preparing for Culturally Responsive Teaching. Journal of Teacher Education, Vol 53, Issue 2.

Ladson-Billings, G. 1995. Toward Culturally Relevant Pedagogy. American Educational Research Journal, 32(3) : 465-491.

Rachmawati, Yuli dkk. 2018. Pendekatan Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya dan Karakter. Jakarta : CV. Campustaka

Raharjo, Deker dan Muljani, Sutji. 2022. Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Kemandirian Karir Peserta Didik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di SMK Negeri 1 Adiwarna Tegal. Jurnal Pendidikan Cakrawala.

Sari, NA. 2020. Sistem Koloid Kimia kelas XI. Jakarta : Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS, dan DIKMEN.

S, Samidi. 2019. Identitas Budaya Masyarakat Kota : Teater Tradisi di Kota Surabaya pada Awal Abad XX. Indonesian Historical Studies, vol 3, no.1, pp. 1-16.

Umar, Mardan. 2017. Internalisasi Nilai Kedamaian melalui Pendidikan Kedamaian sebagai Penguatan Pembangunan Karakter pada Masyarakat Heterogen. Bandung : Waskita

Wahyudiati, D., dan Fitriani, F. 2021. Etnokimia : Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 102-111.

Widyaningsih, Tri Dewanti. 2007. Cincau Hitam. Surabaya : Trubus Agrisarana.
Published
2024-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 109