PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA

Authors

  • Ainun Najih STAI Nurul Islam
  • Tofan Adityawan STAI Nurul Islam Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v13n1.p70-76

Keywords:

titrasi asam-basa, hasil belajar, metode praktikum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi titrasi asam basa, dan pendapat peserta didik terhadap pemanfaatan metode praktikum dalam pembelajaran kimia. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik dari kelas XI IPA 3 di salah satu madrasah swasta di Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment one-shot case study dan instrumen pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes dan non tes (berupa angket). Instrumen tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, sedangkan instrumen non tes (berupa angket) digunakan untuk mengetahui pendapat peserta didik terhadap pemanfaatan metode praktikum dalam pembelajaran kimia. Keberhasilan penggunaan metode ini dilihat dari banyaknya peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM. Adapun KKM mata pelajaran kimia yang digunakan yaitu 77. Berdasarkan hasil tes peningkatan hasil belajar diperoleh 36,6% peserta didik mendapat nilai 89-100 dengan kategori A, 43,3% peserta didik mendapat nilai 77-88 dengan kategori B, 20% peserta didik mendapat nilai 65-76 dengan kategori C, dan 0% peserta didik mendapat nilai 0-64 dengan kategori D, maka diperoleh keberhasilan secara klasikal yaitu 79,9% sehingga menunjukkan hasil yang baik, sedangkan tanggapan peserta didik terhadap metode pembelajaran yaitu 82% peserta didik merasa senang dengan metode praktikum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aleandro, Firdaus, F., S., Nurfadillah, R., M., dan Nafilah, S. 2023. Analisis Metode Penyampaian Guru Terhadap Minat Siswa dalam Pelajaran Kimia. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol 3, No 1, pp. 518-528.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Latifah, S., S., Sugiharto, dan Saputro, A., N., C. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Praktikum dan Demonstrasi pada Metode Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Ilmu Alam SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 3, No 3, pp.111-120.

Nisa, U., M. 2017. Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, Vol 14, No 1, pp.62-68.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharudin dan Wahyuni, E., N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Afandi, M., Chamalah, E., dan Wardani, O., P. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press.

Woolnough, B., dan Allsop, T. 1985. Practical Work In Science. Cambridge: Cambridge University Press.

Nursapikka, E., Daningsih E., & Yokhebed. 2018. Penerapan Metode Praktikum untuk Mengetahui Respons Siswa pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol 16, No 2, pp.169-181.

Susanti, R. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Disampaiakan pada Seminar Kenaikan Jabatan dari Lektor ke Lektor Kepala, FKIP Unsri, pada tanggal 08 Mei 2013.

Hastuti, A. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fitri, Z., N., Purwoko, A., A., & Anwar, Y., A., S. 2021. Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA. Chemistry Educarion Practice, Vol 4, No 1, pp.90-97.

Sudarmin. 2015. Model Pembelajaran Inovatif Kreatif. Semarang: Unnes Press.

Candra, R., & Hidayati, D. 2020. Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, Vol 6, No 1, pp.26-37.

Emda, A. 2014. Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, Vol 2, No 2, pp.218-229.

Pamungkas, M., S., H., Mulyani, S., & Saputro, S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Poe dengan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 20, No 1.

Aditya, P., Rosnita, & Syamsiati. 2015. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 4, No 9.

Downloads

Published

2024-01-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 37