Authors

  • SITI NURLATIFAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v3n1.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpendapat siswa selama pembelajaran berlangsung dan ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian preeksperimen atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Shot Case Study”. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA IPIEMS Surabaya pada semester 1 tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengamati keterampilan berpendapat siswa adalah lembar pengamatan keterampilan berpendapat. Ketuntasan hasil belajar siswa diukur menggunakan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpendapat siswa pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 jumlah siswa yang mendapatkan predikat buruk adalah 0%. Siswa yang mendapatkan predikat baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 berturut-turut sebanyak 63,63%, 54,54%, 42,42%, 15%.  Sedangkan siswa yang mendapat predikat sangat baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 berturut-turut sebanyak 36,37%, 45,46%, 57,58%, 85%. Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa pada pertemuan 1sapai dengan pertemuan 4 berturut-turut sebesar 78,8%, 90%, 94%, dan 100%.  Sehingga dari jumlah siswa yang dinyatakan tuntas dapat dikatakan bahwa ketuntasan klasikal siswa mencapai 100% dengan nilai rata-rata 93,78. 

Kata kunci: Keterampilan berpendapat, Kooperatif, Pendekatan CTL.

 The aims of this study are to determine the students’ giving opinion skills during the learning and mastery learning students after learning through the implementation of cooperative learning model with Contextual Teaching and Learning (CTL) approximation in reaction rate matter. The type of this research was preexperiment research and design research was "One Shot Case Study". The subjects were students of XI Science-1 grade SMA IPIEMS Surabaya as many as 33 students in the 1st semester 2013-2014 school year. The instrument which was used to observe giving opinion skills students was questioning skills observation sheet. For mastery of students learning outcomes were measured by using a sheet test for students learning outcomes. The results of this study showed that the skills of giving opinion at the 1st to 4th , as many as 0% students getting bad predicate, as  many as 63.63%, 54.54%, 42.42%, 15 % students getting good predicate, and as many as 36.37% , 45.46%, 57.58%, 85% students getting very good predicate. Completeness classical learning outcomes of students at the 1st  meeting to 4th  meeting  equal to 78,8 %, 90%, 94%, and 100%. So that, can be said that the classical completeness students reach 100 % with an average value of 93.78.

Key words: Giving opinion skills, cooperative, CTL approximation.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-30
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 47