Authors

  • ANIS SULALAH BM

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v3n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri yang disebabkan oleh metode pengajaran melalui remidiasi dengan strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Pada penelitian ini terdapat dua konsep yang dipahami miskonsepsi yang disebabkan oleh metode pengajaran yaitu konsep mol dan pereaksi pembatas. Rancangan penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penetapan miskonsepsi siswa menggunakan Certainly of Response Index (CRI). Analisis Data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji Wilcoxon’s signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 15 siswa dari 16 siswa yang mengikuti pembelajaran remediasi dengan strategi POGIL pada konsep mol mengalami penurunan beban miskonsepsi. Demikian pula pada pereaksi pembatas, penurunan beban miskonsepsi siswa terjadi pada 9 dari 10 siswa yang mengikuti pembelajaran remediasi dengan strategi POGIL. Hasil penelitian ditinjau dari beban miskonsepsi secara klasikal menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan miskonsepsi yang signifikan antara sebelum dan setelah pembelajaran remidiasi dengan strategi POGIL. Hal ini menunjukkan bahwa strategi POGIL mampu mereduksi miskonsepsi siswa yang disebabkan oleh metode pengajaran pada konsep mol dan pereaksi pembatas.

Kata Kunci: Strategi POGIL, Reduksi Miskonsepsi, Stoikiometri.

This research aimed to reduce student misconceptions caused by learning method on stoichiometry through remedial learning with Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) strategy. In this study have two concepts that was understandable misconceptions caused by learning method, they are of the mole concept and limiting reagent. This study used a pretest-posttest one group design. Determination of misconceptions students use Certainly  of Response Index (CRI). Data analysis using descriptive analysis and inferential analysis used Wilcoxon test. The results showed as many as 15 students of the 16 students who take remedial learning strategies with POGIL on mole concept misconceptions load decreased. Similarly, in limiting reactant, decrease the burden of student misconceptions occurred in 9 of the 10 students who take remedial learning with POGIL strategy. The results of the study in terms of the classical misconceptions load using the Wilcoxon test showed a significant difference between the misconceptions before and after remidial learning with POGIL strategy. This suggests that the strategy be able to reduce POGIL student misconceptions caused by learnig method on concept of the mole and the limiting reactant.

Keywords: POGIL strategy, Misconception reduction, Stoichiometry.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-09-30
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 79