ANALISA KEKUATAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO SAMBUNGAN FRICTION WELDING AL ALLOY 6061 T6 DAN CARBON STEEL AISI 1018

  • Vansen Alexander Tanuwijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Akhmad Hafizh Ainur Rasyid Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Friction welding, khususnya Rotary Friction Welding yang merupakan salah satu metode pengelasan
yang memiliki berbagai kelebihan, salah satunya kualitas tingkat penyambungan yang baik dengan biaya
yang rendah (ekonomis). Dalam praktiknya sering terjadi kegagalan penyambungan pada pengelasan
dengan material yang berbeda. Material belum bias berdifusi dengan baik dikarenakan karakteristik
property mekanik dari kedua material yang berbeda. Berdasarkan penelitian terdahulu, penyambungan
dua material dengan karakteristik properti mekanik yang berbeda dapat dilakukan dengan memberikan
variasi parameter yang terukur pada variabel yang ditentukan. Dengan memberikan variasi diharapkan
mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan sehingga proses pengelasan akan lebih efektif dari segi waktu
dan juga biaya. Salah satu cara untuk menentukan variasi dari variabel yang didapatkan adalah dari
rekomendasi simulasi. Dari permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian
konfirmasi dari rekomendasi simulasi rotary friction welding berbasis metode elemen yang sudah
memprediksi hasil sambungan las dengan kombinasi variasi parameter tertentu.Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisa bagaimana pengaruh dari penentuan parameter Tekanan Gesek, Kecepatan Putar, dan
Tekanan Tempa terhadap kekuatan tarik hasil pengelasan dan struktur mikro.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Dengan hasil variasi 3 parameter, yang
didapatkan dari penelitian sebelumnya yang menggunakan simulasi untuk menemukan parameter
pengelasan kemudian dilakukan proses validasi secara eksperimen pada penelitian ini, lalu hasil
pengelasan dilakukan pengujian tarik dan pengujian struktur mikro.
Melalui penelitian ini didapatkan hasil pengelasan terbaik dari parameter 1 dengan kekuatan tarik
tertinggi pada 80,47 MPa dan kekuatan tarik rata-rata 66,66 MPa. Sedangkan untuk uji struktur mikro
didapatkan hasil bahwa terjadi difusi antara kedua material dan perubahan struktur kristal. Sementara
itu, untuk variabel 2 dan variabel 3 terjadi kegagalan penyambungan yang disebabkan oleh beberapa
kendala yang ditemukan selama penelitian berlangsung.
Kata kunci : Friction Welding, Rotary Friction Welding, Dissimiliar Material, Parameter Optimal,
Kekuatan Tarik, Struktur Mikro

Author Biographies

Vansen Alexander Tanuwijaya, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Akhmad Hafizh Ainur Rasyid, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-02-10
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 208