PENGARUH BESAR LSA (LOBE SEPARATION ANGLE) PADA CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

  • ARIF SUSILO S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Lobe Separation Angle, camshaft, unjuk kerja, mesin, sepeda motor 4 langkah

Abstract

Mengoptimalkan unjuk kerja mesin sepeda motor 4 langkah dapat dilakukan dengan modifikasi. Salah satu modifikasi yang sering dilakukan adalah modifikasi mekanisme katup. Modifikasi sistem mekanisme katup bisa dilakukan dengan merubah durasi dan timing buka tutup katup, tinggi bukaan katup, serta jarak antar puncak camshaft yang disebut dengan istilah Lobe Separation Angle (LSA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besar LSA terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar, tekanan efektif rata-rata dan efisiensi thermal pada mesin sepeda motor 4 langkah .Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian adalah sepeda motor Suzuki Shogun 110 tahun perakitan 2001. Dengan menggunakan putaran mesin 3000 rpm - 8500 rpm dengan range 500 rpm. Penelitian ini dilaksanakan di Banyuwangi Motor Jl. Undaan Kulon no.115-117 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pengujian rpm berubah pada beban penuh (full open throttle valve) dengan posisi transmisi top gear. Camshaft yang digunakan adalah camshaft dengan LSA 105° (standar), 95°, 100°, 110°, dan 115°. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian menggunakan camshaft dengan LSA 105° (standar), 95°, 100°, 110°, dan 115° mempengaruhi unjuk kerja mesin. Torsi maksimum tertinggi dihasilkan camshaft dengan LSA 105° yaitu sebesar 0,88 kgf.m pada 3500 rpm. Daya maksimum tertinggi dihasilkan camshaft dengan LSA 95° yaitu sebesar 6,39 PS pada 6500 rpm. Konsumsi bahan bakar spesifik terendah dihasilkan camshaft dengan LSA 95° yaitu sebesar 0,068 kg/PS jam pada 3500 rpm. Tekanan efektif rata-rata tertinggi dihasilkan camshaft dengan LSA 105° yaitu sebesar 10,192 kg/cm2. Efisiensi thermal tertinggi dihasilkan camshaft dengan LSA 105° yaitu sebesar 93,240%. Dalam penelitian ini camshaft yang terbaik adalah camshaft dengan LSA 105° (standar).
Published
2013-01-21
Abstract Views: 363
PDF Downloads: 94