PENGARUH PENYETELAN VOLUME CO PADA ELECTRONIC CONTROL UNIT TERHADAP LAMBDA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR YAMAHA V-IXION

  • RIZKI ABDILLAH S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Electronic Fuel Injection (EFI), volume CO, emisi gas buang.

Abstract

Sistem pemasukan bahan bakar dengan menggunakan Electronic Fuel Injection (EFI) merupakan teknologi yang mampu menghasilkan perbandingan udara dan bahan bakar yang lebih optimal disetiap putaran mesin saat beroperasi, sehingga memungkinkan memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis dan menjamin pembakaran berlangsung dengan baik. Akan tetapi kondisi mesin kendaaan yang berubah seiring pemakaian maupun suhu dimana kendaraan tersebut berada mengakibatkan kebutuhan akan pasokan bahan bakar juga ikut berubah, mengakibatkan konsumsi bahan bakar boros dan emisi gas buang yang dihasilkan meningkat. Namun hal tersebut dapat diantisipasi dengan cara memakai perbandingan campuran bahan bakar yang lebih tepat lagi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mesin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyetelan volume CO pada sistem injeksi kendaraan bermotor terhadap kadar emisi gas buang yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen murni. Penelitian dilakukan dengan tiga pengujian, yaitu pengujian standar, pengujian eksperimen 1 dengan menggunakan volume CO di bawah standar dan pengujian eksperimen 2 dengan menggunakan volume CO di atas standar. Data yang diperoleh dari hasil eksperimen dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik yang kemudian akan dianalisa dan ditarik kesimpulannya, sehingga dapat diketahui persentase perubahan kadar emisi gas buang pada sistem injeksi bahan bakar Yamaha V-ixion.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemakaian variasi tingkat volume CO pada Yamaha V-ixion 2012 dapat meningkatkan kadar emisi gas buang CO, CO2 dan HC. Peningkatan emisi CO tertinggi sebesar 415,69% didapatkan pada putaran 3500 rpm dengan menggunakan volume CO (+20). Peningkatan emisi CO2 tertinggi sebesar 32,10% didapatkan pada putaran 1400 rpm dengan menggunakan volume CO (+30). Peningkatan emisi HC tertinggi sebesar 305,71% didapatkan pada putaran 8000 rpm dengan menggunakan volume CO (-30).
Published
2013-01-21
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 179