PENGARUH MINAT BELAJAR DAN JAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

  • RAAFIUD DARAJAAD

Abstract

Abstrak

Prestasi belajar menjadi tujuan utama setiap siswa untuk mengukur kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar disekolah maupun di organisasi , untuk meningkatkan prestasi belajar banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah minat belajar dan jam belajar. Hambatan yang sering terjadi untuk meningkatkan prestasi belajar adalah kurangnya kesadaran siswa tentang minat belajar yang kurang dan sedikitnya jam belajar yang digunakan dalam luar kelas. Hal ini dapat menghambat peningkatan prestasi belajar dalam keberhasilannya.  Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben, Kabupaten Jombang, (2) Mengetahui pengaruh Jam belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben, Kabupaten Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kesamben Jombang berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode secara acak random sampling berjumlah 31 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekuder. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis pengujian minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa XI IPS 3 di SMA Negeri Kesamben Jombang, dapat simpulkan bahwa minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa XI IPS 3 di SMA Negeri Kesamben Jombang secara silmutan memiliki pengaruh positif sebesar 85,5%, sedangkan sisanya 14,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti (kedisiplinan siswa, sarana dan prasarana sekolah dan kebersihan sekolah, dan lain-lain)

 Kata Kunci: Minat Belajar, Jam Belajar, Prestasi Belajar.

 

Abstract

Learning achievement becomes the main purpose of every student to measure the student ability in the process of learning-teaching both at school and organization. There are many factors to improve learning achievement e.g., learning interest and learning hour. Obstacle that often occurs in improving learning achievment is the lack of student awareness on low learning interest and learning hour used outside of the class. This can be obstacle for learning achievement improvement to be successful. The purpose of this research are (1) to know the influence of learning interest to the student learning achievement on the economics lesson at the ninth grade of IPS 3 State Senior High School (SMA Negeri 1) Kesamben Jombang. (2) To know the influence of learning hour to the student learning achievement on the economics lesson at the ninth grade of IPS 3 State Senior High School (SMA Negeri 1) Kesamben Jombang. The population in this research is the tottal student of ninth grade IPS 3  at State Senior High School (SMA Negeri 1) Kesamben, Jombang Regency (108 student). The sampling technique in this research is random sampling with the total samples are 31 students. The instrument of data collecting is primary data and secondary data. The technique of analysis used in this research is multiple liniear regression. Based on the result of the testing analysis of learning interest and learning hour to the student learning achievement at the ninth grade of IPS 3 State Senior High School (SMA Negeri 1) Kesamben Jombang can be concluded that, learning interest and learning hour have positive influence simultaneously up to 85,5%. Meanwhile, the rest of it up to 14,5% is influenced by the other factors excluded variables examined in this research (student disciplined, school infrastructure, school cleanlinessm and others).

Keywords : learning interest, learning hour, learning achievement

Published
2016-08-25
How to Cite
DARAJAAD, R. (2016). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN JAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1197
PDF Downloads: 1917