PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA SURABAYA

  • IRENA ADE PUTRI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh tingkat pendidikan dan tingkat pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya tahun 2003-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan tingkat pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya. Dan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 19.0. Hasil estimasi data yang menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, variabel tingkat pengangguran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, serta variabel tingkat pendidikan dan tingkat pengangguran secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya

Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi

 

Abstract

This study examines the effect of educational level and the unemployment rate to the economic growth of Surabaya in 2003-2012. The purpose of this study was to determine the effect of educational level and the unemployment rate to economic growth of the city of Surabaya. While in this study using multiple linear regression analysis using SPSS 19.0. The estimation results of data using multiple linear regression showed that the variables education level had no significant effect on economic growth, the unemployment rate variable significant negative effect on economic growth, as well as variable levels of education and unemployment jointly variables affect the economic growth of the city of Surabaya

Keywords: Level of Education, Unemployment Rate, Economic Growth

 

Published
2016-08-29
How to Cite
ADE PUTRI, I. (2016). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1021
PDF Downloads: 1451