PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAI MATERI KELANGKAAN EKONOMI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS X-IIS 3 SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

  • NUNGKI PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil. Penelitian tindakan kelas ini dibedakan menjadi 2 siklus, pada tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan 4 fase. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode  observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan yaitu Metode problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IIS 3 di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo mengenai materi kelangkaan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi perubahan hasil belajar siswa pada siklus 1 ke siklus 2. Pada aspek afektif terjadi peningkatan sebesar 7,99 %, pada aspek psikomotor terjadi peningkatan sebesar 14,51%, dan pada aspek kognitif 12,30%.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

 

Abstract

The results of this study aims to determine changes in student learning outcomes by using a model of Problem Based Learning (PBL). The model of this research is classroom action research conducted in class X IIS 3 SMA Negeri 1 Sidoarjo Wonoayu academic year 2015/2016. The research was conducted in the first semester. This classroom action research is divided into two cycles, each cycle consisting of two meetings with the four phases. The data collection is done by using the method of observation / observation. Data analysis was carried out by comparison between the test results in cycle 1 and cycle 2 by using descriptive techniques. Based on research that has been done, it can be concluded that method of problem-based learning (PBL) can improve the results of class X student-IIS 3 in SMA Negeri 1 Sidoarjo Wonoayu about material scarcity economics. Based on the research results can be concluded that there is a change in student learning outcomes in cycle 1 to cycle 2. On the affective aspects an increase of 7.99%, on aspects of psychomotor an increase of 14.51%, and 12.30% on cognitive aspects.

Keyword : Problem Based Learning Model, Student Learning Outcomes

Published
2016-08-30
How to Cite
PERMATASARI, N. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAI MATERI KELANGKAAN EKONOMI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS X-IIS 3 SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 307