PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KD PERAN PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA
Abstract
Abstrak
Proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses komunikasi yang diwujudkan melalui kegiatan penyampaian informasi kepada peserta didik. Pembelajaran dengan modul adalah pendekatan pembelajaran mandiri yang berfokuskan spenguasaan kompetensi dari bahan kajian yang dipelajari peserta didik dengan waktu tertentu sesuai dengan potensi dan kondisinya.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kelayakan Modul Pembelajaran Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian Indonesia ditinjau dari ;Kelayakan isi ,Kelayakan Penyajian dan Bahasa ; 2) Mendiskripsikan respon siswa siswa atas modul pembelajaran. Penelitian pengembangan modul ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan, modul ini mencakup materi pada KD Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian Indonesia yang di ujicobakan pada kelas XI SMA Negeri 4 Sidoarjo sejumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar telaah oleh ahli materi dan ahli bahasa. Hasil penelitian ini menyatakan kelayakan isi dan penyajian sebesar 100%, kelayakan bahasa sebesar 88,33%, kelayakan modul oleh ahli validasi sebesar 94,61%, hasil respon siswa sebesar 82,85%. Dapat disimpulkan bahwa modul ini sangat layak digunakan
Kata Kunci: Modul, Peran Pelaku Ekonomi, Pendekatan Saintifik
Kata Kunci: isi, format, artikel.
Abstract
Learning process basically is a communication process which is manisfied through information delivery activity to the students. Learning module is a self-learning based approach which focused in competencies understanding from study materials learned by the students in a specific time in accordance with potential and condition. Purposes of this reasearch are: 1) Describe the feasibility of economy actor role learning module in Indonesia’s economy in the terms of; feasibility of the content and feasibility of presentation and language; 2) Describe student’s responses in learning module. These module development research using 4D model from Thiagajaran, including KD material in Economy Actor Role in Indonesia’s Economy which tested to twenty (20) students in XI grade of State Highschool 4 Sidoarjo. Instruments used are validation sheet and review sheet by the material experts. The results of this research states that content and presentation feasibility is 100%, languange feasibility reach 88,33%, module feasibility by validation experts reach 94,61%, results of students responses are 82,85%. It could be conclude that this module is quite feasible to used.
Keywords: Module, Economy Actor Role, Scientific Approach.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 329