PENINGKATAN PENDAPATAN PEMILIK USAHA INDUSTRI KECIL GARMENT DI DESA PUNGGUL KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • YUNNY FEBRIYANTI

Abstract

Abstrak

Pembangunan industri khususnya industri kecil diharapkan dapat menjadi faktor pemicu naiknya tingkat pendapatan masyarakat. karakteristik industri kecil yang tidak bergantung pada modal yang besar mengakibatkan industri kecil mampu bertahan menghadapi krisis ekonomi yang ada. Perkembangan industri kecil menggunakan sumber daya lokal akan membantu terciptanya lapangan kerja baru, kesempatan kerja yang luas, dan peningkatan pendapatan masyarakat sekitar. Industri kecil yang ada di desa Punggul sudah ada sejak tahun 1970 dan masih bertahan sampai saat ini. Sebagian besar masyarakat yang ada di desa Punggul merupakan pengerajin topi dan pemilik usaha industri kecil garment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perningkatan industri kecil yang ada di desa punggul dan tingkat pendapatan para pemilik usahanya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah pemilik usaha industri kecil dan obyeknya adalah peningkatan usaha industri kecil dan tingkat pendapatan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan pemilik usaha Garment yang ada di Desa Punggul rata-rata meningkat setiap bulannya di tahun 2016 dari bulan Januari-Oktober. Banyaknya pendapatan yang diterima selama periode tersebut juga karena adanya musim penerimaan siswa baru yang mengakibatkan pesanan topi, dasi, sabuk dan kaos kaki menjadi meningkat. Modal, tenaga kerja dan hubungan pemilik usaha dengan konsumen juga merupakan sebab naiknya tingkat pendapatan pemilik usaha industri kecil Garment di desa Punggul.

Kata Kunci: Industri kecil, Peningkatan Pendapatan.

 

Abstract

The construction industry, particularly small industries is expected to be a triggering factor rising income levels. Characteristics of small industries that do not rely on large capital resulted in small industries able to survive the economic crisis. The development of small scale industries using local resources will help create new jobs, vast employment opportunities, and improve household incomes around. Small industries in Punggul village has existed since 1970 and still survive to this day. Most of the people in the Punggul village is hat craftsmen and garment small business owners industry. This study aims to determine the development of small industries in the punggul village and the income levels of the business owner. This research method is descriptive qualitative. Data were collected using interviews, observation and documentation. Subjects in this study were the owners of small industries and its object is the development of small industry and income level. The results showed that the level income of business owners in the Punggul village is average increased each month in 2016 on January-October. The amount of income received during the period as well as the season of new admissions that resulted in the order hats, ties, belts and socks to be increased. Capital labor and consumer relationship with the business owners also a cause for rising income levels of small business owners Garment industry in Punggul village.

Keywords: Small Industries, Income Level

Published
2017-01-18
How to Cite
FEBRIYANTI, Y. (2017). PENINGKATAN PENDAPATAN PEMILIK USAHA INDUSTRI KECIL GARMENT DI DESA PUNGGUL KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(1). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 111