MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ

  • IFA MELANIA NUR UTAMI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz. Tujuan yang telah dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan menggunakan metode pembelajaran team quiz. (2) mendeskripsikan aktivitas siswa setelah menggunakan metode pembelajaran team quiz (3) mendeksripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran team quiz dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 yang berjumlah 30 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.  Sedangkan untuk penilaian terhadap hasil belajar siswa menggunakan nilai pretest dan postest.  Indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam peningkatan aktivitas siswa adalah memiliki rata-rata skor ≥2,51 pada lembar penilaiannya. Untuk ketentuan penilaian hasil belajar adalah 75 dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan.  

Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil dari aktivitas siswa pada siklus I yaitu 2,6 dengan kriteria skor baik sedangkan pada siklus II diperoleh 3,4 dengan kriteria skor baik. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 40% dan pada siklus II diperoleh 80% siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran  team quiz dapat dikatakan telah tuntas secara klasikal.

 

Kata Kunci: Team Quiz, Aktivitas, Hasil Belajar.

Published
2017-07-19
How to Cite
MELANIA NUR UTAMI, I. (2017). MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 87