PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KD 3.8 MENDESKRIPSIKAN PASAR MODAL DALAM PEREKONOMIAN KELAS XI IPS SMAN 1 MOJOKERTO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitan ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan modul berbasis pendekatan saintifik pada materi pasar modal, (2) mendeskripsikan kelayakan modul berbasis pendekatan saintifik pada materi pasar modal, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan modul berbasis pendekatan saintifik pada materi pasar modal. Jenis penelitan ini adalah penelitain pengembangan dengan model 4D (define, design, develop dan disseminate) namun, terbatas pada tahap develop. Desain uji coba yang digunakan adalah pre-experimental design dengan model one-shoot case study. Instrumen yang digunakan berupa angket telaah, dan validasi ahli dan angket respon siswa yang diadaptasi dari BSNP. Hasil penelitan ini menunjukan: 1) modul dikembangkan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel pada tahun 1974 yaitu model 4D. Selain itu, modul berdasarkan pendekatan saintifik yang menggunakan lima tahap dalam pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan menginformasi, 2) modul dinyatakan sangat layak pada aspek materi yaitu sebesar 83,34%, validasi bahasa diperoleh sebesar 90% yang dapat di interpretasikan sangat layak, selain itu aspek kegrafikan diperoleh sebesar 100% dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli penyajian diperoleh sebesar 92,3 %, yang juga dinyatakan sangat layak, 3) dari aspek respon diperoleh skor sebesar 86%, yang dapat di interpretasikan bahwa modul sangat layak digunakan.
Kata Kunci : Modul, Pendekatan Saintifik, Pasar Modal
Abstract
The aim of this research is to (1) describe the development process of module with scientific approach, (2) describe appropriate of module scientific approach at capital market , (3) describe student response the development process of module with scientific approach at capital market. Type of this research is 4D development models (define, design, develop, and disseminate) however was conducted until develop step. The trial design was applied pre experimental design with one shoot case study model. Instrument validity and student response was applied from BSNP. The result of this research show: 1) the develop of module was applied with Thiagarajan, Semmel, and Semmel models ath 1964 it is 4D models. Beside that, moduls with scientifict approach with five process in learning process, that is observing, questioning, experimenting,, associating, communicating. 2) module show very acceptable by the material expert is 83,34%, the language validity was 90% interpreted as very acceptable, furthermore the chart expert reached 100% with category is very acceptable, and the result validty of the presentation expert was 92,3% which was very acceptable too.2) From students response get score 86%, can be interpreted that modul very acceptable to use.
Keywords: Module, Scientific Approach, Capital Marke
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 1052