PENERAPAN MODEL CIPP DALAM EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

  • YESIKA CHRISTIANI

Abstract

Abstrak

Kurikulum digunakan untuk persiapan pembelajaran dalam keseluruhan rangkaian pembelajaran, yang artinya kurikulum digunakan sebagai penentu proses dan hasil pendidikan. Hal itu dapat berarti bahwa kurikulum adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan dunia pendidikan. Demi mencapai kesuksesan tersebut, maka perubahan kurikulum ini harus ditindaklanjuti oleh berbagai pihak. Wujud tindak lanjut dari perubahan kurikulum yang terjadi ialah evaluasi. Proses penyediaan informasi yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan keputusan merupakan pengertian dari evaluasi. Evaluasi dalam dunia pendidikan berfungsi sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian suatu program dalam pelaksanaannya. Terdapat berbagai model yang digunakan dalam evaluasi, salah satunya ialah model CIPP. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan selama ini menunjukkan bahwa komponen yang digunakan sebagai dasar penilaian evaluasi CIPP tidaklah selalu sama. Dengan kata lain, meskipun program yang dievaluasi sejenis yaitu sama-sama mngevaluasi kurikulum tetapi komponen yang digunakan tidak sama secara menyeluruh di tiap aspeknya.

Kata Kunci : Evaluasi, CIPP, Kurikulum, K13

 

Abstract

The curriculum is used for the preparation of learning in the whole course of learning, which means the curriculum is used as a determinant of educational processes and outcomes. It can mean that the curriculum is the key to achieving success in education. In order to achieve this success, the curriculum changes must be followed up by various parties. A follow-up form of the curriculum change that occurs is evaluation. The process of providing information used as a consideration in determining decisions is an understanding of the evaluation. Evaluation in the world of education serves as a mechanism used to measure the level of achievement of a program in its implementation. There are various models used in the evaluation, one of which is the CIPP model. The studies that have been conducted so far show that the components used as the basis for CIPP evaluation evaluation are not always the same. In other words, even though the evaluated program of the same type is equally evaluating the curriculum but the components used are not equally comprehensive in every aspect.

Keywords: Evaluation, CIPP, Curriculum, K13

Published
2018-01-18
How to Cite
CHRISTIANI, Y. (2018). PENERAPAN MODEL CIPP DALAM EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(1). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 2917
PDF Downloads: 2291