Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto

  • EVA WAHYU KARTIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen dengan menggunakan Quassi Experimental jenis the matching only pre-test post-test control group design. Subjek penelitan ini adalah kelas XI IIS 4 dan kelas XI IIS 5. Penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap keaktifan siswa dengan rata-rata keaktifan kelas ekperimen 71,60%, dan kelas kontrol 66,40% dengan nilai dengan signifikasi 0,001, dimana nilai sig<0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,032 dimana nilai sig<0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II juga berpengaruh pada keaktifan dan hasil belajar dengan nilai signifikasi untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hoteling Trace, Roy’s Large Root memliki nilai signifikasi 0,001 dan semuanya lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto

Kata Kunci: Jigsaw II, Keaktifan siswa, dan Hasil Belajar

Published
2018-07-20
How to Cite
WAHYU KARTIKA, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 182