Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • FARIDATHUL KHASANAH

Abstract

Abstrak

Seringnya penggunaan media power point dan papan tulis dalam proses pembelajaran serta belum adanya variasi media pembelajaran yang lebih interaktif membuat peserta didik cenderung merasa bosan dalam pembelajaran di kelas dan kemampuan berpikir kritis siswa juga masih tergolohn rendah, hal tersebut diketahui dari mereka ketika disajikan soal berkemampuan tinggi masih bingung dan mencoba melihat jawaban teman. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan media serta efektifitas media berbasis Lectora Inspire. Model yang digunakan adalah 4D Models menurut Thiagaradjan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang dilakukan secara terbatas. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli evaluasi dan ahli media, serta analisis butir soal. Hasil validasi oleh ahli evaluasi menunjukkan bahwa butir soal yang disajikan pada media pembelajaran berbasis Lectora Inspire telah sesuai dengan indikator penilaian ahli evaluasi, persentase rata-rata hasil validasi oleh ahli media sebesar 92% menunjukkan dalam kategori sangat layak, kemudian pada analisis butir soal terdapat 14 dari 20 soal yang dikatakan valid setelah diujicobakan serta pada efektifitas media adanya perbedaan nilai pretest dan posttest dan 85% siswa mendapat nilai diatas ≥75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire sebagai media pembelajaran sangat layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dikelas untuk membantu dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media pembelajaran, Lectora Inspire.

 

Abstract

The frequent use of power point and blackboard media in the learning process and the absence of more interactive learning media variations make students tend to feel bored in classroom learning and students critical thinking skills are still low, it is known to them when presented with high-ability questions still confused and trying to see a friends answer. The research and development (R & D) research aims to describe the feasibility of the media and the effectiveness of the Lectora Inspire-based media. The model used is 4D Models according to Thiagaradjan which consists of 4 stages, namely Define, Design, Develop and Disseminate which is done in a limited manner. The results of the study were obtained through validation of expert evaluation and media experts, as well as item analysis. The results of the validation by the evaluation expert showed that the items presented on the Lectora Inspire based learning media were in accordance with the expert evaluation evaluation indicators, the average percentage of the validation results by media experts was 92% indicating that in the category there were 14 from 20 questions that were said to be valid after being tested and on media effectiveness there were differences in the values of pretest and posttest and 85% of students scored above siswa ≥75. So it can be concluded that the Lectora Inspire based learning media as a learning media is very feasible to use as an alternative learning media in the classroom to assist in the learning process.

Keywords: Research and Development, Learning Media, Lectora Inspire.


Published
2019-07-01
How to Cite
KHASANAH, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 44-49. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p44-49
Section
Articles
Abstract Views: 281
PDF Downloads: 811