Pengaruh Efikasi Diri, Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi

  • Lilis Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Heni Purwa Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Self-efficacy, Perception of Teacher Profession, Social Environment and Interest in becoming a Teacher

Abstract

This research aims to analyze the effect of self-efficacy, perception of the teaching profession and social environment on teacher interest, either partially or simultaneously. This study used quantitative methodology and involved 60 students of Economic Education Study Program UNESA as respondents. Data analysis technique used regression analysis. The research revealed that self-efficacy affected interest to be a teacher by 49.7%, then, teacher proffesion perception affected only 27.4%, and the social environment affected only 17.1%.

References

Aini, e. N. (2018). Pengaruh efikasi diri dan persepsi terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi 2015 unesa. In jpeka: jurnal pendidikan ekonomi, manajemen dan keuangan (vol. 2, issue 2, p. 83). Https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p83-96

Alfiyyah nurlaili sukma, elin karlina, p. (2020). Pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan. Research and development journal of education, october, 110–116.

Amalia, n. N., & pramusinto, h. (2020). Pengaruh persepsi, efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Business and accounting education journal, 1(1), 84–94.

Anis ardyani, l. L. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2010 universitas negeri semarang. Economic education analysis journal, 3(2), 232–240.

Ayu prastiani, d., & listiadi, a. (2021). Pengaruh self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa s1 pendidikan akuntansi unesa. Jurnal riset pendidikan ekonomi, 6(2), 47–59. Https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5712

Bergmark, u., lundström, s., manderstedt, l., & palo, a. (2018). Why become a teacher? Student teachers’ perceptions of the teaching profession and motives for career choice. European journal of teacher education, 41(3), 266–281. Https://doi.org/10.1080/02619768.2018.1448784

Capron puozzo, i., & audrin, c. (2021). Improving self-efficacy and creative self-efficacy to foster creativity and learning in schools. Thinking skills and creativity, 42(july), 100966. Https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100966

Dalyono, m. (2015). Psikologi pendidikan. Rineka cipta.

Eka fitri febryanti, r. (2021). Pengaruh efikasi, persepsi, informasi terhadap minat menjadi guru akuntansi dengan lingkungan keluarga sebagai variabel moderating oleh: jurnal dukasi ekonomi, pendidikan dan akuntansi, 9, 43–56.

Fadilla, s. A., sawiji, h., & murwaningsih, t. (2020). Pengaruh persepsi profesi guru dan teman sebaya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran fkip uns. Jurnal informasi dan komunikasi administrasi perkantoran, 4(2), 51–64.

Fadilah, R.N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran daring. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 581-588. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i3.12978

Fikriyah, l., sulistiani, i. R., & hakim, d. M. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan pendidikan agama islam universitas islam malang. Vicratina: jurnal pendidikan islam, 6(7), 143–148.

Ghozali, i. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 25. Universitas diponegoro.

Hasanah, F.A., & Rafsanjani, M.A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Mediator. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 5(1), 162-174.

Hidayanti, n., suyitno m, & parjiman. (2020). Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan efikasi diri dengan minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan teknik elektro universitas negeri jakarta. Journal of electrical vocational education and technology, 5(2), 30–36. Https://doi.org/10.21009/jevet.0052.05

Hikmah, r. K. (2017, july 21). Peran persepsi kesejahteraan guru dalam memoderasi hubungan persepsi tentang profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri semarang.

Hussain, m. S., & khan, s. A. (2022). Self-efficacy of teachers: a review of the literature. Jamshedpur research review-govt registered, refereed, peer reviewed, multi-disciplinary research journ, 1–10.

Muhammad wildan, susilaningsih, e. I. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menjadi guru pada prodi pendidikan akuntansi fkip uns. “tata arta” uns, 2(1).

Nani, e. F., & melati, i. S. (2020). Peran self efficacy dalam memediasi motivasi, persepsi profesi guru dan gender terhadap minat menjadi guru. Economic education analysis journal, 2(1), 487–502. Https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39542

Nasrullah, m., ilmawati, i., saleh, s., niswaty, r., & salam, r. (2018). Minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran fakultas ilmu sosial universitas negeri makassar. Jurnal ad’ministrare, 5(1), 1–6.

Nasution, s. (2019). Pendidikan lingkungan keluarga. Tazkiya, 8(1), 115–124.

Nugroho, w. S., khosmas, f. ., & okiana. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 5(10), 1–11.

Nurgilang, y. S., kosim, a. M., & hakiem, h. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dalam perspektif islam. Nisbah: jurnal perbankan syariah, 4(1), 51. Https://doi.org/10.30997/jn.v4i1.1120

Pakaya, i., johnny, h. P., & dengo, s. (2021). Pengaruh lingkungan sosial terhadap pendidikan masyarakat di desa biontong i kecamatan bolangitang timur kabupaten bolaang mongondow utara. Jurnal administrasi publik, 7(104), 11–18.

Prilop, c. N., weber, k. E., prins, f. J., & kleinknecht, m. (2021). Connecting feedback to self-efficacy: receiving and providing peer feedback in teacher education. Studies in educational evaluation, 70(july), 101062. Https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101062

Putri, f. A. R., & fakhruddiana, f. (2019). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. Jpk (jurnal pendidikan khusus), 14(1), 1–8. Https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25161

Rahmadiyani, s., hariani, l. S., & yudiono, u. (2020). Minat menjadi guru: persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan (plp) dan efikasi diri. Jurnal riset pendidikan ekonomi, 5(1). Https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304

Rahmat arif wibisono. (2019). Persepsi masyarakat desa terhadap profesi guru: studi kasus di desa karangsono kecamatan bangsalsari kabupaten jember.

Renita sari, r. (2020). Pengaruh motivasi dan lingkungan keluarga melalui self efficacy terhadap minat menjadi guru. Business and accounting education journal, 1(2), 135–146.

Sadirman, a. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar (21st ed.). Jakarta: pt. Raja grafindo persada.

Sembiring, n. S. B. (2018). Perancangan aplikasi kriptografi dengan metode modifikasi caesar cipher yang diperkuat dengan vernam cipher untuk keamanan teks. E-jurnal jusiti: jurnal sistem informasi …, april 2013, 103–115. Https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jusiti/article/view/13

Sholichah, s., & pahlevi, t. (2021). Pengaruh persepsi profesi guru dan efikasi diri. Jurnal adminitrasi dan manajemen pendidikan, 4(2), 187–194.

Simamora, e. F., achmadi, & okiana. (2015). Pengaruh ppl terhadap minat menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi di universitas tanjungpura pontianak. Jurnal profita kajian ilmu akuntansi, 4(7), 1–12.

Sugiyono. (2017). Statistika dalam penelitian. Alfabeta, bandung.

Suyanta, s., muharram, m., mulbar, u., rauf, b., agung, m., ganefri, g., ponto, h., sila, i. N., wahid, a., parenreng, j. M., yasdin, y., astuti, s. R. D., puspita sari, a. R., & tyas, r. A. (2020). Educational lptk, non-educational lptk, and non-lptk students’ intention to become teacher. Universal journal of educational research, 8(12), 6676–6683. Https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081232

Syofyan, r., hidayati, n. S., & sofya, r. (2020). Pengaruh program pengalaman lapangan kependidikan (plk) dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Jurnal inovasi pendidikan ekonomi (jipe), 10(2), 151. Https://doi.org/10.24036/011103600

Tuğrul mart, ç. (2013). A passionate teacher: teacher commitment and dedication to student learning. International journal of academic research in progressive education and development, 2(1), 2226–6348.

Usman, o., & effendi, r. (2022). The effect of self-efficiency, teacher professional perceptions, and family environment on interest to be teachers of students of office administration education, jakarta state university. Ssrn electronic journal, 1–80. Https://doi.org/10.2139/ssrn.3997033

Wahjudi, e. (2021). Peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh pengenalan lapangan persekolahan ( plp ) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. 9(2), 30–41.

Wahyuni, d., & setiyani, r. (2017). Pengaruh persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Economic education analysis journal, 6(3), 669–682.

Zahra, r. R., & rina, n. (2018). Pengaruh celebrity endorser hamidah rachmayanti terhadap keputusan pembelian produk online shop mayoutfit di kota bandung. Jurnal lontar, 6(1), 12333.
Published
2022-08-31
How to Cite
Wulandari, L., & Pamungkas, H. (2022). Pengaruh Efikasi Diri, Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 268-276. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p268-276
Section
Articles
Abstract Views: 413
PDF Downloads: 371