Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Mind Mapping Berbantukan Media Gambar SD Negeri 169 Tokala

  • Ratna Ratna STKIP Pembangunan Indonesia
  • Muhammad Azis Universitas Patompo Makassar
  • Muhammad Fahreza Universitas Patompo Makassar
Keywords: Learning Outcomes, Mind Mapping Method

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes through mind mapping methods assisted by image media at SD Negeri 169 Tokala. The type of research is classroom action. The research subjects were 20 class V students. Collecting data through observation and documentation tests. Data analysis used descriptive analysis. The results showed that there was completeness of student learning outcomes in each cycle, where the average student learning outcomes in cycle I and cycle II increased. Thus, it was concluded that the mind mapping method with the aid of image media could improve the learning outcomes of fifth graders at SD Negeri 169 Tokala

References

Agustin, S.P., & Rafsanjani, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Pada Materi Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2). https://doi.org/10.31932/jpe.v7i2.1725

Arikunto, S, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Penerbit Bumi Aksara).

Hatmiah, E. T. M. I. T. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4499–4505. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2689

Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., Sholihat, A., Latifah, A. Z., Sunan, N., & Djati, G. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Mingkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganagaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50.

Husni, R. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Mind Map Dan Tanpa Menggunakan Mind Map Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal: Bioedunis, 01(1), 17–26.

Ishak Rsima, A. H. E. Y. M. (2022). Pengaruh Motivasi , Disiplin Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Ekonomi SMAN 6 Wajo. E-Journal.Unipma.Ac.Id, 10(1), 85–95.

Metroyadi, M. N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahtraan Masyrakat Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Mivariasikan Dengan Model Course Review Horay Di Kelas IV SDN 2 Cempaka Banjar Baru. Jurnal Peradigma, 10(2), 49–56.

Muarifin, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Metode Project Base Learning Mind Mapping dan Video Tiktok Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Inovasi Manajemen Pendidikan Dalam Tatanan Kenormalan Baru, 865–874.

Mulyasa. (2008). Praktik Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Penerbit Rosda).

Musdalifah, Y. M. E. (2022). Penerapan Metode Cross Group Discussion Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa SMPN 4 Liukang Tangaya. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 167–175.

Nazmai, Y., & Melni, E. (2022). Upaya Meningkatkan Akivitas Dan Hasil Belajar Dengan Mengunakan Model Mind Map. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 78–89.

Nofitasari, D., & Anjarini, T. S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping Pada Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Negeri Korowelang. Jurnal: Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 85–92.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Pardede, I. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping pada Pembelajaran IPA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom di Kelas X-1 Semester I SMAN 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 27–43.

Rafsanjani, M. A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Andriansyah, E. H., & Prakoso, A. F. (2021). The Development of Interactive Media in Economics for Senior High Schools Students Using Android Platform. Jurnal Pendidikan Bisnis & Manajemen, 7(3), 159-169. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/25411

Sabrum. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematikan Mahasiswa. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan Terapan, 2(2), 58–66.
Published
2022-08-31
How to Cite
Ratna, R., Azis, M., & Fahreza, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Mind Mapping Berbantukan Media Gambar SD Negeri 169 Tokala. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 254-259. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p254-259
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 114