Determinan Minat Mahasiswa Mengikuti Brevet Pajak

  • Muhammad Ainul Yakin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Suyanto Suyanto Universitas Sarjawiyata Tamansiswa
  • Fuadhillah Kirana Putri Universitas Sarjawiyata Tamansiswa
  • Nur Anita Chandra Putry Universitas Sarjawiyata Tamansiswa
Keywords: Tax Knowledge Motivation, Career Motivation, Quality Motivation, Social Motivation, Economic Motivation, Achievement motivation, Interest in Following Tax Brevet

Abstract

This study aims to examine the effect of tax knowledge motivation, career motivation, quality motivation, social motivation, economic motivation and achievement motivation on students' interest in taking tax brevets. The samples in this study were obtained from accounting collage students class of 2019-2022 throughout Indonesia by using convenience sampling method. The number of samples used was 221 respondents. This research method use multiple linear regression analysis. The results of the study show that tax knowledge motivation, career motivation, quality motivation and achievement motivation have a positive effect on students' interest in taking tax brevets. Therefore, social motivation and economic motivation have no effect on students' interest in taking tax brevets. This research is expected to provide additional information for tertiary institutions regarding the high interest of students in taking tax brevets. This research is also expected to influence accounting students to take tax brevets so that they can improve their competence in the field of taxation.

References

Adi, & Yushita. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kesadaran WP terhadap Kepatuhan WP Badan KPP Cilacap. 2, 1–15.

Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. Sciencedirect, 50(2), 179–211. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/074959789190020T

Aniswatin, A., Afifudin, A., & Junaidi, J., & (2020). (2020). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Karier, Dan Kualitas Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Brevet Pajak. E-JRA : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 9(2), 47–57.

Aniswatin, Afifudin, & Junaidi. (2020). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Karier dan Kualitas Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Brevet Pajak. E-JRA : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 09.

Antas, Wardani, & Primastiwi. (2022). Pengaruh Biaya Pendidikan, Motivasi Sosial, dan Motivasi terhadap Pilihan Berkarir Bidang Perpajakan. MES Management Journal, 1, 40–55.

Ariska, Djefris, & Rissi. (2021). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan , Pilihan Karir dan Peningkatan Kualitas Diri terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Brevet Pajak (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia, 1(1), 101–108.

Atika, & Rahayu. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak dan Dampaknya Terhadap Pemilihan Karir. Conference on Economic and Business Innovation, 35, 1736–1751.

Ayem, S., & Wahidah, U. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan E-billing Pajak dengan Menggunakan Technology Acceptance Model ( TAM ) pada UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Proceeding Of National Conference On Accounting & Finance, 4(1989), 106–113. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol4.art15

Darmawan. (2019). Pengujian Terhadap Niat Mahasiswa Diploma III Akuntansi Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 22.

Erawati, & Pelu. (2021). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Self Assesment System, E-filing dan Sanksi Pajak terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 12, 74–83.

Haryani. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. 3.

Ikbal, & Pamudji. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Ppak: Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.

Indrawati. (2009). Motivasi dan Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Lestari. (2014). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Ekonomi, Karir Dan Kualitas Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Brevet Pajak. In Implementation Science (Vol. 39, Issue 1).

Lestari, Yasa, & Herawati. (2019). Motivasi Karir dan Motivasi Kualitas terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Genesha untuk Mengikuti Brevet Pajak. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(2), 183–194.

Lioni, & Baihaqi. (2016). Persepsi Karir Dibidang Perpajakan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berkarir Dalam Bidang Perpajakan. Jurnal Akuntansi, 6(2).

Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9-21.

McClelland. (1987). Human Motivation.

Pristika. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Pajak Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak.

Rafsanjani, M. A. (2010). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMAN se Kota Malang. Jurnal Pendidikan Perspektif 1 (2)

Rahayu, Erawati, & Primastiwi. (2021). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Motivasi Karir, Motivasi Kualitas, Motivasi Sosial, Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(2), 240–264. https://doi.org/10.26618/jrp.v4i2.6324

Saifudin, & Darmawan. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Program Brevet Pajak (Studi Kasus Pada Mahasiswa PTS Di Semarang Tahun 2019). Jemap, 2(2), 216. https://doi.org/10.24167/jemap.v2i2.2269

Sapitri, & Yaya. (2015). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Akuntansi & Investasi, 16(1), 46–61.

Sarjono. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mengikuti Program Pendidikan Brevet Pajak Di STIE Perbanas Surabaya. The Indonesian Accounting Review, 1, 1–12.

Septiyanto. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( PPAk ). Juraksi, 1(1), 85–98.

Susanti, Rasuli, & Azhar. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) pada Perguruan Tinggi di Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(1), 33895.

Syah, & Mahmudah. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Lulusan Teknisi Akuntansi Untuk Bekerja Di Bidang Perpajakan. MONEX, 7, 414–422.

Syahputra, Ariani, Nasution, Amin, Aziddin, & Arman. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi , Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. 3(4), 1133–1143.

Wildan. (2022). Indonesia Masih Membutuhkan Ahli Pajak, Ini Alasanya? DDTCNews. https://news.ddtc.co.id/indonesia-masih-membutuhkan-lebih-banyak-ahli-pajak-ini-alasannya-42607

Widyasari, L.A., & Rafsanjani, M.A. (2021). Apakah Penerapan Blended Learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 854-864. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.453

Yuanfa. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Ujian Tingkat Dasar Cpa (Acpai).
Published
2023-05-02
How to Cite
Yakin, M., Suyanto, S., Putri, F., & Putry, N. A. (2023). Determinan Minat Mahasiswa Mengikuti Brevet Pajak. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 147-156. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p147-156
Section
Articles
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 188