Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Sunan Giri Menganti

  • Adila Putra Wibowo Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Learning Discipline, Family Environment, Learning Outcomes

Abstract

The aim of this research is to analyze and describe the influence of learning discipline and family environment on the learning outcomes of class X students at SMA Sunan Giri Menganti Gresik partially and simultaneously. In this research, researchers used quantitative research with an associative approach. Based on calculations using the Slovin formula, the samples used in this research were 82 students of Sunan Giri Menganti Gresik. Data analysis using multiple linear regression analysis. The results of the research show that partially and simultaneously the learning discipline variable and the family environment variable have a positive and significant effect on the learning outcome variables for class X at SMA Sunan Giri Menganti Gresik.

References

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Dalyono, M. D. (2015). Psikologi Pendidikan. Bandung: rineka cipta.

Damayanti, R. (2011). Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial di SMA Negeri 8 Purworejo, 140–150.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Hasbullah. (2011). Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Rajawali Pers.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hermawan, Y., Suherti, H., & Gumilar, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 51-58.

Iman, M. N. I., Saiful, S. I., & Suheil, S. (2020). Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Fiqih di MTs Al-Khairaat Gorontalo. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 8(02), 179-204.

Imron, A. (2015). Manajemen Pesrta Didik Berbasis Sekolah (10th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Indrianti, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X di SMK Jakarta Timur 1. INTELEKTIUM, 3(2), 152-157.

Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 379-387.

Mardi Supriadi. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Pondok Pesantren AL-HANIIFIYYAH Pedurenan Bekasi. Pendidikan Agama Islam.

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225-
236.

Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01-14.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. (A. Hikmat Syaf, Ed.). jakarta: Gaung Persada Press.

Ragil Pamungkas, R. (2013). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2013.

Riani, S. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Al-Huda Pekanbaru.

Sahertian, P. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(1), 7-14.

Sagulu, K. Y. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(1), 60–69.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (8th ed.). jakarta: rineka cipta.

Sri Rahayu. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Sosiologi DI SMA NEGERI 16 PADANG. Ilmu Sosial Mamangan, 5.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, F. A., & Isroah, I. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 112-126.

Wati, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas VI B MIN 3 Mojokerto. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 186-195.
Published
2024-01-05
How to Cite
Wibowo, A. P. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Sunan Giri Menganti. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 25-30. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n1.p25-30
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 60