ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENDAPATAN MELALUI INDUSTRI FORMAL DI KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGO

  • FERI ANDITA

Abstract

Abstrak

Permasalahan tenaga kerja dan pendapatan masih menjadi masalah utama di Indonesia bahkan di Jawa Timur dan daerah lainnya. Hal yang demikian juga terjadi di Kabupaten Ponorogo khususnya di Kecamatan Ponorogo itu sendiri. Tentunya untuk daerah Ponorogo industri sangat bisa berpengaruh besar dalam masyarakatnya selain untuk membantu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Dalam penelitian ini peneliti membuat rumusan masalah bagaimanakah peranan industri formal dalam penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan di Kecamatan Ponorogo. Dari rumusan tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan peranan industri formal dalam penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan di Kecamatan Ponorogo tahun  2007 sampai 2011. Objek penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara  wawancara terhadap pemilik industrisebagai data sekunder  dan juga mengambil data primer dari BPS kab. Ponorogo. Dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja dan pendapatan industri formal di kecamatan ponorogo tergolong tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data penyerapan tenaga kerja pada industri formal di Kecamatan Ponorogo yang persentasenya sebesar 39,69%, dan pendapatan sebesar 30,67% pada setiap tahunnya.

 

Abstract

Labor and revenue issues are still a major problem in Indonesia, even in East Java and other areas . Such things also happen in Ponorogo especially in the District itself. Of course, for a very industrial area Ponorogo could have a big impact in the community in addition to help absorb labor and reduce unemployment . In this research the problem how to formulate a formal role in industrial employment and income generation in the District of Roxburgh. The formulation aims to describe the role of the formal industrial employment and income generation in the District of Roxburgh in 2007 to 2011. The object of research was conducted in the district Ponorogo . The process of data retrieval is done by interviewing the owner industrisebagai secondary data and also take the primary data from the BPS district . Roxburgh. By using qualitative descriptive analysis of the data shows that the employment and income in the formal industrial districts ponorogo is high . It can be seen from the data processing employment in the formal industry in the district Ponorogo percentage of 39.69 % , and 30.67 % in revenue each year .

 

Keywords : Formal Industry, Labor, Revenue

Published
2014-06-13
How to Cite
ANDITA, F. (2014). ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENDAPATAN MELALUI INDUSTRI FORMAL DI KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 221