Pengembangan Media Permainan Ranjau Interaksi Sosial dalam Layanan Bimbingan Kelompok Di SMAN 1 Krembung Sidoarjo

  • lailuz rizky muntadliroh

Abstract

Media permainan ranjau interaksi sosial merupakan salah satu media bimbingan dan konseling dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa.Media permainan ranjau interaksi sosial adalah media yang praktis, mudah digunakan dan menarik, agar dapat memotivasi siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling.Tujuan pengembangan media permainan ini adalah menghasilkan suatu produk media permainan ranjau untuk membantu meningkatkan interaksi sosial siswa dan juga sebagai fasilitas layanan bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan kelompok. Selain itu, hasil pengembangan media permainan ini dapat digunakan oleh sekolah lain yang mempunyai karakteristik  sama dengan SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Penelitian pengembangan ini menggunkan model pengembangan Borg &Gall  yang telah disederhakan oleh Tim Puslitjaknov (2008). Analisis data yang digunakan untuk mengelolah hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan calon pengguna adalah prosentase. Hasil pengembangan media ini memenuhi kriteria akseptabilitas yakni angket  ahli materi (89,2%) , angket penilaian ahli media (75%) dan angket penilaian calon pengguna yakni konselor (83%) . Faktor penting dalam pengembangan media permainan adalah kesesuaian materi dengan kebutuhan siswa, sehingga hasil belajar dapat tercapai secara optimal.Pengembangan media permainan ranjau interaksi sosial adalah sebagai alternatif sumber belajar yang dapat membantu konselor mempermudah dalam menyampaikan materi dan mempermudah dalam memberikan layanan bimbingan kelompok.

Published
2015-10-27
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 160