PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK SISWA SMP MU’ALLIMAT NU GRESIK

  • ERVINDA NURRAHMI A

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan paket bimbingan motivasi berprestasi untuk siswa SMP Mu’allimat NU Gresik. Penelitian  dilakukan berdasarkan informasi dari konselor sekolah bahwa siswa kelas VIII SMP Mu’allimat NU Gresik terindikasi memiliki motivasi berprestasi rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket motivasi berprestasi siswa di kelas VIII, sebanyak 23,33%  siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Motivasi berprestasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha berjuang mengatasi kesulitan, memelihara kemampuan diri dan menghasilkan upaya yang konsisten dalam segala aktivitas berdasarkan standar keunggulan diri demi meraih prestasi setinggi mungkin. Selama ini konselor membantu siswa untuk menumbuhkembangkan motivasi berprestasi melalui metode ceramah tanpa  difasilitasi dengan media yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan media membantu siswa menumbuhkembang kan motivasi berprestasi siswa.

Paket bimbingan ini dikembangkan melalui prosedur penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983) yang disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. Prosedur pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah 1) analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) melaksanakan uji ahli, dan 4) revisi produk.

Produk yang dihasilkan adalah 1) Paket Bimbingan Motivasi Berprestasi untuk Siswa SMP Mu’allimat NU Gresik dan 2) Paket Bimbingan Motivasi Berprestasi untuk Konselor SMP Mu’allimat NU Gresik. Setelah melalui uji ahli media, uji materi dan  calon pengguna produk maka diperoleh paket bimbingan motivasi berprestasi  untuk siswa SMP Mu’allimat NU Gresik yang memenuhi empat aspek penilaian kelayakan, kegunaan, ketepatan, dan kepatutan (Committee, Joint:1981).

Berdasarkan hasil uji validator ahli media menunjukkan kategori penilaian “baik dan tidak perlu direvisi” (78%), Hasil uji validator ahli materi BK menunjukkan kategori penilaian “sangat baik dan tidak perlu direvisi” (89,77%). Sedangkan hasil uji calon pengguna (konselor) menunjukkan kategori penilaian “sangat baik dan tidak perlu direvisi” (92,61%). Dari hasil data tersebut diperoleh rerata hasil penilaian dari para ahli adalah sebesar 86,79%. Keseluruhan persentase hasil uji validasi jika dibandingkan dengan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005)  menunjukkan kategori sangat baik, dan tidak diperlukan revisi. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka paket bimbingan motivasi untuk siswa kelas SMP Mu’allimat NU Gresik dapat digunakan di sekolah.

 

Kata Kunci: Pengembangan, paket bimbingan, motivasi berprestasi, siswa SMP

Published
2016-04-07
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 17