KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA KELAS XII MIA SMAN 1 BABADAN PONOROGO

  • NISA FAJAR SURIATIKA
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Stres akademik merupakan masalah yang saat ini banyak dijumpai dikalangan pelajar dengan seiring bertambahnya beban dan tuntutan belajar. Stres akademik terjadi salah satunya karena faktor keyakinan irasional individu sehingga dapat memberikan dampak secara fisik, emosi, intelektual, atau interpersonal. Oleh karena itu, individu perlu mendapatkan strategi alternatif untuk membantu individu mengatasi masalah tersebut.

Penelitian ini bertujuan menerapkan konseling invidu pendekatan REBT untuk mengurangi stres akademik siswa kelas XII MIA SMAN 1 Babadan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental design dengan bentuk one-group pre-test and post-test design dan pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan simple matching. Teknik pengumpulan data berupa angket stres akademik dengan jumlah subjek penelitian 5 siswa yang termasuk kategori tinggi pada skor stres akademik.

Berdasarkan hasil perhitungan mean terdapat penurunan skor stres akademik yakni mean Pre-tes sebesar 212,4 dan mean Post-test sebesar 186,4 sehingga menunjukkan selisih penurunan skor sebesar 26. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji wilcoxson dengan menggunakan bantuan SPSS versi 24 dan hasil asymp.Sig. (1-tailed) menunjukkan sebesar 0,021. Apabila mengacu pada ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka hasil menunjukkan bahwa 0,021 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, berdasarkan hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konseling individu pendekatan rational-emotive behavior therapy dapat mengurangi stres akademik siswa kelas XII MIA SMAN 1 Babadan Ponorogo.

Kata kunci: Konseling Individu, REBT, Stres Akademik

Published
2018-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 177
PDF Downloads: 1256