Studi Tentang Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 2 Semen Puhsarang Kabupaten Kediri

  • YURIKA TRI MURDIANTI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Perilaku membolos sebenarnya bukan merupakan hal yang baru lagi bagi banyak pelajar, setidaknya mereka pernah mengenyam pendidikan sebab perilaku membolos itu sendiri telah ada sejak dulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola, penyebab, akibat, dan penangan membolos dari guru BK. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, IX di SMP Negeri 2 Semen Puhsarang Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah trigulasi dari metode Miles dan Hubermen.

Hasil dari penelitian ini antara lain faktor penyebab siswa membolos karena malas, pengaruh teman sebaya, tidak semangat bersekolah, membantu orang tua bekerja, kurangnya perhatian orang tua kepada anak. Dampak yang ditimbulkan dari membolos adalah cenderung pada dampak akademiknya yang mana nilai siswa menurun, banyak tugas yang tertinggal, mata pelajaran yang tertinggal. Dan dalam dampak dari segi sosial ada yang dicemooh teman karena perilakunya di sekolah aneh. Upaya penanganan yang diberikan guru BK bagi siswa yang membolos adalah panggilan orang tua dan home visit. Strategi penanganan yang diberikan guru BK bagi siswa yang membolos adalah dengan cara dinasehati dan dipantau terus kehadirannya. Pihak yang terlibat dalam penangangan siswa membolos adalah wali kelas, Guru BK.
Published
2018-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 267
PDF Downloads: 1819