PENERAPAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA KELAS XI SMK NURUL HIDAYAH BUNGAH GRESIK

  • RIFQI AINI MAWALIYAH
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Perilaku merokok merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mengkonsumsi batang rokok yang telah dibakar dengan cara di hisp. Adanya fenomena di lapangan yang mengarah pada perilaku merokok siswa maka perlu peran serta berbagai pihak terutama guru BK dalam membantu siswa mengurangi perilaku merokok yaitu dengan menggunakan teknik self-management. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji efektifitas konseling kelompok behavior teknik self-management untuk mengurangi perilaku merokok siswa kelas XI SMK Nurul Hidayah Bungah Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experiment dengan rancangan penelitian yaitu one grup pretest – post test. metode pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu uji statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas XI memperoleh hasil pretest termasuk dalam kategori perilaku merokok tinggi.

Berdasarkan hasil analisis test statistic uji wilcoxon diketahui Asymp. Sig. (2- tailed) bernilai 0,027, Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan konseling kelompok behavior teknik self-management dapat mengurangi perilaku merokok siswa kelas XI SMK Nurul Hidayah Bungah Gresik.

Kata kunci: Konseling Kelompok Behavior,Teknik Self-Management,Perilaku Merokok


Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 183
PDF Downloads: 319