PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN

  • DIAH INAYAH
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Kemampuan interaksi sosial adalah kesanggupan bawaan sejak lahir atau hasil pelatihan/praktik dalam melakukan hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih dalam situasi sosial yang dapat mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki tingkah laku satu sama lain. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, diketahui terdapat siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial rendah. Permasalahan yang terjadi pada siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang rendah tidak dapat dibiarkan karena mereka dapat mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mengalami hambatan dalam pergaulan dengan teman sebaya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Metode penelitian yang dilakukan adalah pre-experimental design dengan menggunakan one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah delapan siswa kelas VII-F yang memiliki skor kemampuan interaksi sosial rendah. Hasil analisis pre-test dan post-test dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan bahwa ρ < α yaitu 0,012 < 0,05. Sehingga Ha yang menyatakan “ada perbedaan kemampuan interaksi sosial sebelum dan sesudah diberikan penerapan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif” adalah diterima. Dengan demikian, perlakuan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik permainan komunikatif, kemampuan interaksi sosial

Published
2019-08-20
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 271